Siksa Kubur Menanti Bagi yang Suka Kencing Sembarangan

Ilustrasi foto (Shutterstock)

Arah - Buang air kecil sembarang terkadang biasa dilakukan bagi mereka yang tidak mengetahui hukum fikih atau membersihkan diri dari najis dalam Islam.

Sembarang juga bisa diartikan membuang air kecil di sembarang tempat, tanpa mempedulikan keadaan tempat itu apakah terdapat air atau berbagai media yang bisa dijadikan untuk menghilangkan najis.

Di bawah pohon, Semak-semak, atau terbiasa sehabis kencing tidak bersuci (membersihkan diri dari najis), merupakan hal lazim terutama bagi laki-laki jika berada dalam kondisi tententu.

Ada baiknya hal tersebut mulai ditinggalkan atau dipikirkan kembali untuk membersihkannya. Pasalnya, Rasulullah SAW melihat seseorang yang sedang mendapat azab kubur karena ia tidak menghalangi percikan air kencingnya.

Baca Juga: Komunitas Muslim Indonesia di Belanda Kini Miliki Masjid
Ternyata Peneliti Penyakit Cacar Pertama Adalah Ilmuwan Muslim

Ibnu Abbas ra berkata, Rasulullah SAW melewati dua kuburan seraya bersabda, "Sesungguhnya dua penghuni kubur ini sedang diazab. Dan tidaklah mereka berdua diazab melainkan karena suatu dosa yang sulit ditinggalkan. Salah satu dari keduanya suka mengadu domba, salah satunya lagi tidak menghalangi percikan kencingnya mengenai dirinya." (HR. Bukhari dan Muslim).

Berdasarkan paparan hadits di atas, ternyata berbahaya di alam kubur kelak, ketika kita tidak menghalangi percikan air kencing.

Semoga kita terhindar dari kelalaian membersihkan air kencing dan terhindar dari azab kubur dan api neraka. Aamin.

Berita Terkait

Apakah Neraka Sudah Diciptakan? Ini Jawabannya Apakah Neraka Sudah Diciptakan? Ini Jawabannya
Awas! Jangan Asal Gunakan Kata 'Almarhum' Buat yang Meninggal Awas! Jangan Asal Gunakan Kata 'Almarhum' Buat yang Meninggal
Mau Kerik Alis? Supaya tak Salah, Baca Dulu Hadits ini Mau Kerik Alis? Supaya tak Salah, Baca Dulu Hadits ini

#Jakarta #Fikih #Hukum Islam #hadits #alquran #Sunnah Rasul

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar