Jalan Kaki ke Sekolah, Azwar Anas Hargai Perjuangan untuk Sukses

Azwar Anas Bupati Banyuwangi

Arah -  Abdullah Azwar Anas lahir di Banyuwangi, 6 Agustus 1973 ini mulai dikenal masyarakat setelah memimpin Bayuwanyi pada 21 Oktober 2010. Ia dilantik menjadi bupati setelah mengalahkan 2 pasangan calon dalam pemilihan kepala daerah lainnya yakni pasangan Djalaludin-Yusuf Nuris dan Emilia Contessa-Zaenuri. Sebelum menjabat sebagai bupati, ia pernah menjadi anggota MPR dan DPR.

Namun, perlu kita ketahui, Azwar Anas dibesarkan dalam lingkungan pesantren dengan agama yang kuat. Pendidikannya ditempuh dengan berpindah-pindah. Ia pernah masuk di MI Karangdoro, Tegalsari pada tahun 1980 MI An-Nuqoyyah, guluk-Guluk, Sumenep, Madura pada tahun 1982-1983 dan masuk MI Kebunrejo Genteng pada tahun 1983 hingga 1986.

Setelah itu ia melanjutkan SMP di SMP Negeri 1 Genteng pada tahun 1986 hingga 1988 dan pindah ke SMP Negeri 1 Banyuwangi pada tahun 1988 dan tamat pada tahun berikutnya. Setelah tamat SMP, Azwar Anas hijrah ke Jember untuk melanjutkan SMA di SMA Negeri 1 Jember dan tamat pada tahun 1992. Pendidikan di perguruan tinggi ia jalani di IKIP Jakarta (Falkutas Teknologi Pendidikan) dan Fakultas Sastra Universitas Indonesia.

Pendidikan Strata dua nya ia jalani di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia dan ia selesaikan pada tahun 2005.

Anas bukan berasal dari keluarga kaya. Ayahnya seorang kyai kampung dan berdagang. Sejak SD, Anas terbiasa berjualan sekolah. Dia pun berjalan kaki dari pondok ke sekolah.

"Saya biasa berjalan kaki atau naik sepeda. Terkadang gandol truk atau mobil pik up ke sekolah," kata Anas.

Bahkan, di sekolahnya banyak teman-temannya yang ke sekolah naik motor, bahkan ada yang diantar atau mengendarai mobil. Terkadang itu membuatnya minder di sekolah.

Ia memiliki teman yang sulit dilupakan, yakni teman satu kelas SMA yang nasibnya lebih sedih daripadanya, Muhroji.

"Muhroji ini jarang makan saat berangkat sekolah. Saya sering membagi uang saku saya dengan dia," ujar Anas.

Saat SMA Anas nyambi bekerja di Radio Prosalina FM di Jember. Honor dari dia bekerja sering dibagi dengan Muhroji. Saat ia kuliah Fakultas Tekhnologi Pendidikan IKIP Jakarta, sedangkan Muhroji tidak.

Namun, perjuangan Muhroji membuat Anas salut, setahun kemudian Muhroji mendapat beasiswa dan kuliah di STT Telkom.

Selengkapnya..

Berita Terkait

Hasil Survei Tidak Netral, Prabowo: Terserah Siapa yang Bayar! Hasil Survei Tidak Netral, Prabowo: Terserah Siapa yang Bayar!
Bertemu Kapolri, Henry Yosodiningrat Akan Lapor Habib Rizieq? Bertemu Kapolri, Henry Yosodiningrat Akan Lapor Habib Rizieq?
KY Sebut Patrialis Akbar Coreng Profesi Hakim KY Sebut Patrialis Akbar Coreng Profesi Hakim

#Jakarta #Abdullah Azwar Anas #bupati banyuwangi #Jawa Timur

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar