Ini Anjuran Rasulullah saat Menumpang Kendaraan Milik Orang Lain

Ilustrasi (rstml via Foter.com)

Arah -  Islam mengajarkan kita berbagai macam tata cara kehiduan, baik sejak bangun pagi hingga tidur kembali di malam hari. Melalui Rasulullah SAW, kita bisa mengetahui adab atau tata cara hidup yang baik menurut Islam, tak terkecuali dalam berkendara.

Salah satu adab yang sering kita lupakan adalah saat menaiki kendaraan. Apalagi kendaraan tersebut milik orang lain dan kita hanya menumpang. Rasulullah mengajarkan untuk menghormati pemilik kendaraan yang kita tumpangi dengan mempersilakannya duduk di depan.

Ketika Rasulullah SAW sedang berjalan, datanglah seseorang mengendarai keledai. Orang itu berkata,”Wahai Rasulullan, naiklah.” Penunggang keledai itu kemudian mundur ke belakang. Rasulullah SAW bersabda, ”Tidak, engkau lebih berhak berada di depan daripada aku, kecuali engkau mempersilakkan untukku.” Orang itu berkata, “Aku telah mempersilakanmu.” Maka beliaupun naik. (HR. Abu Dawud (2572), at-Tirmidzi (2773) dan ia menghasankannya dari Buaraidah).

Adapun hikmah yang dapat kita petik dari hadits di atas adalah hendaknya mendahulukan pemilik kendaraan yang kita tumpangi agar duduk di depan. Hal itu kita lakukan untuk menghormati pemilik kendaraan yang kita tumpangi.

Mudahnya Berbagi Traffic:

Buat kamu yang gemar menulis tema-tema Islam di blog atau website, kirimkan link tulisan kamu ke email [email protected]. Tulisan yang menarik akan kami publish dan disebar di media sosial milik arah.com.

Berita Terkait

Punya Masalah dengan Keluarga? Baca Doa Ini Sebelum Bepergian Punya Masalah dengan Keluarga? Baca Doa Ini Sebelum Bepergian
Dua Jenis Jimat ini ada di Sekitar Kita, Bagaimana Hukumnya? Dua Jenis Jimat ini ada di Sekitar Kita, Bagaimana Hukumnya?
Suka Kencing Sembarangan? Ternyata Begini Siksa Kuburnya Suka Kencing Sembarangan? Ternyata Begini Siksa Kuburnya

#rasulullah saw #hadits #alquran #kendaraan pribadi #Transportasi Unik #Transportasi Indonesia #Transportasi #Moda Transportasi

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar