Hakim MK Saat Ini Harus Perbaiki Citra Hukum

Diskusi Imparsial tetang polemik hakim Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Minggu (2/4). (Foto: Arah.com/ Muhamad Ridwan)

Arah -  Peneliti Indonesia Legal Roundtable (ILR) Erwin Natosmal Oemar mengatakan, calon Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) pengganti Patrialis Akbar harus memiliki pemahaman luas mengenai konstitusi negara demokrasi.

Hal tersebut, guna mengembalikan citra MK yang beberapa waktu belakangan terakhir menurun karena tindakan orang-orang di dalamnya.

"Tentunya orang yang mempunyai pemahaman luas tentang teori konstitusi," kata Erwin di kantor Imparsial, Tebet Dalem, Jakarta Selatan, Minggu (2/4).

Selain itu menurut Erwin, terdapat tiga hal yang harus menjadi catatan nantinya bagi hakim MK yang terpilih menggantikan Patrialis Akbar.

Baca Juga: Ini Jawaban Telak Anies untuk Sindiran Eva Sundari
Jerat Hukum di Pusaran Cagub-Cawagub DKI Jakarta
Djarot Patahkan Tagline 'Coblos Pecinya' Anies-Sandi
Geramnya Sandiaga Uno Dituding akan Terapkan Syariat Islam

Pertama, calon hakim MK harus paham teori-terori konstitusi. Kedua, calon hakim MK harus tahu dan punya langkah solusi terkait berbagai permasalahan di MK. Dan ketiga, calon hakim MK haruslah orang yang konsisten dan berkomitmen melindungi hak asasi manusia.

Erwin berpendapat, hakim MK yang ada saat ini belum mampu memenuhi tiga poin tersebut. Maka terjadi persoalan yang mencuat beberapa waktu lalu di tubuh MK.

"Calon hakim MK terpilih harus mempunyai karakter kuat, sehingga jadi pembeda dari hakim-hakim yang ada saat ini. Ini menjadi tantangan serius," pungkasnya.

Sebelumnya diketahui, tahapan wawancara calon hakim MK dilaksanakan pada Senin dan Selasa, 27 - 28 Maret 2017. Pansel telah memilih tiga calon dari 11 calon peserta hakim MK.

Ketiga calon nantinya akan dipilih satu oleh Presiden Joko Widodo untuk menggantikan mantan hakim MK Patrialis Akbar. (Muhamad Ridwan)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Sunyi Senyap, Begini Suasana Rumah Patrialis Akbar Sunyi Senyap, Begini Suasana Rumah Patrialis Akbar
KY Sebut Patrialis Akbar Coreng Profesi Hakim KY Sebut Patrialis Akbar Coreng Profesi Hakim
Patrialis Akbar Kena OTT KPK, Komisi III DPR Angkat Bicara Patrialis Akbar Kena OTT KPK, Komisi III DPR Angkat Bicara

#Jakarta #Hakim MK #Patrialis Akbar #Mahkamah Konstitusi

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar