Kemendikbud Klaim UNBK Kurangi Kecurangan Ujian Nasional

Sejumlah murid Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 mengikuti simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Negeri 1 Palu, Sulawesi Tengah, Senin (13/2). Simulasi tersebut digelar agar siswa lebih siap menghadapi UNBK, serta guna mengetahui kendala dan hambatan agar dapat diperbaiki atau dibenahi sehingga tidak lagi terjadi kesalahan pada saat pelaksanaanya. (Foto:Antara)/Fiqman Sunandar

Arah -  Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2017 untuk jenjang pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) digelar serentak di Indonesia pada hari ini, Senin (3/4) hingga Kamis (6/3).

Sekitar 88,6 persen atau 1.176.391 siswa mengikuti UNBK. Sedangkan 150. 855 siswa masih mengikuti Ujian Nasional (UN) berbasis kertas dan pensil.

"UNBK mampu mengurangi terjadinya kecurangan atau ketidakdisipilinan sekolah dalam menyelenggarakan ujian," kata Daryanto, Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), di kantornya di kawasan Senayan, Jakarta Selatan (3/4/).

Baca Juga: Ketua KPUD dan Bawaslu Kena Sidang Etik, Djarot: Salahnya Dimana?
Direstui Dedi Mulyadi,Chris Jhon Akan Latih Anak Penggila Tawuran
Sidang Paripurna DPD RI Sempat Ricuh, Ternyata Ini Penyebabnya
Jangan Heran! Merek BlackBerry Bakal Ada di Produk Selain Ponsel

Daryanto menuturkan tadi pagi ia dan jajarannya melakukan kunjungan mendadak ke SMK 29 dan SMK 30 di Jakarta Selatan. Kemudian dilanjutkan ke SMK 10 Jakarta Timur.

"Pada kunjungan tadi pagi UNBK SMK digelar menjadi dua hingga tiga sesi. Ujian tersebut berjalan baik dan lancar," ujar Daryanto.

Ia menyampaikan sangat mengapresiasi siswa-siswi SMK yang melakukan UNBK sesi kedua. Seharusnya mereka datang siang hari, tapi sejak pagi sudah bersemangat datang ke sekolah untuk mengikuti UNBK.

"Saya yakin UNBK berjalan lancar. Karena sekolah-sekolah di Jakarta sudah siap menyelenggarak UNBK," tandas Daryanto. (Muhamad Ridwan)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Deddy Mizwar Pantau Langsung UNBK SMK di Jabar, Hasilnya? Deddy Mizwar Pantau Langsung UNBK SMK di Jabar, Hasilnya?
Tertangkap, Penjual Kunci Jawaban UN Raup Untung Jutaan Rupiah Tertangkap, Penjual Kunci Jawaban UN Raup Untung Jutaan Rupiah
Anies Baswedan: Permasalahan UN SMA Berkurang Luar Biasa Anies Baswedan: Permasalahan UN SMA Berkurang Luar Biasa

#Jakarta #Kemendikbud #Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) #Ujian Nasional (UN) #Ujian Nasional

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar