XL Prediksi 4 Tahun Lagi Indonesia Bisa Nikmati 5G

Dian Siswarini, Chief Executive Officer XL Axiata (Foto Arah.com/Nugie)

Arah -  Kehadiran teknologi 5G kian dekat. Itu terjadi setelah teknologi 4G LTE masuk di Indonesia. Lalu kapan generasi ke-5 itu hadir di Tanah Air?

Secara global, 5G diperkirakan bakal populer di tahun 2020.

Namun, salah satu operator telekomunikasi, PT XL Axiata Tbk, mengungkapkan banyak faktor yang perlu dipersiapkan untuk menyambut datangnya teknologi 5G.

"Sebenarnya jika berbicara mengenai teknologi baru, baik itu 3G, 4G dan 5G, yang terpenting adalah ekosistemnya harus siap," kata Dian Siswarini, Chief Executive Officer XL Axiata, ditemui di Demonstrasi Teknologi 5G yang diselenggarakan Ericsson di Four Seasons Hotel, Jakarta, Senin (3/4).

Baca Juga: Sering Delay dan Bahayakan Penumpang, Ini Kata Lion Air
Jangan Heran! Merek BlackBerry Bakal Ada di Produk Selain Ponsel
Direstui Dedi Mulyadi,Chris Jhon Akan Latih Anak Penggila Tawuran
Wow, Samsung Investasi Rp118 Triliun untuk Produksi Layar OLED

Dian melanjutkan, terkait ekosistem bukan hanya kesiapan dari operator, tapi juga dari frekuensi yang diberikan oleh pemerintah.

"Lalu dari sisi device dan kesiapan pasar. Apakah pengguna ponsel 5G sudah ada apa belum. Hal-hal tersebut yang menentukan apakah 5G sudah bisa dikembangkan di Indonesia atau belum," jelasnya.

Dian mengungkapkan kalau dari XL yang terpenting itu adalah pasarnya sudah siap atau belum.

"Kami baru meluncurkan 4G LTE. Adopsi LTE sendiri baru 25 persen dari seluruh pasar. Jadi kalau kami melihatnya masih perlu waktu di atas empat tahun untuk mengimplementasikan 5G. Banyak yang perlu dipersiapkan untuk mengkomersilkan 5G," tandas Dian Siswarini. (Nugie)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Tiru Kalsel, Sandiaga Janjikan Pasar Terapung di Kepulauan Seribu Tiru Kalsel, Sandiaga Janjikan Pasar Terapung di Kepulauan Seribu
Ngadu Nasib ke Rumah Lembang, Pasukan Orange Gagal Temui Ahok Ngadu Nasib ke Rumah Lembang, Pasukan Orange Gagal Temui Ahok
Hasil Survei: Elektabiltas Ahok-Djarot Melambung Pasca Debat Hasil Survei: Elektabiltas Ahok-Djarot Melambung Pasca Debat

#Jakarta #CEO XL Axiata Dian Siswarini #XL Axiata #Jaringan 4G LTE #Jaringan 5G

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar