Ini Penyebab Jatuhnya Penerjun Paskhas pada HUT TNI

KSAU TNI AL, Marsekal Hadi Tjahjanto (kedua dari kanan), di Lanud Halim Perdana Kusuma(Foto: Arah.com/ Muhamad Ridwan)

Arah - Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Marsekal Hadi Tjahjanto, menegaskan penerjun payung TNI hanya mengalami cedera ringan.

Sebelumnya, latihan terjun payung yang dilakukan TNI AU mengalami gangguan karena angin kencang. Akibatnya, penerjun sulit untuk mengontrol parasutnya. "Penerjun yang luka sedang dirawat, saat terjun angin di atas dan di bawah itu normal sekitar 15 knot," kata Hadi di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, pada Jum'at (7/4).

Hadi menjelaskan, penyebabnya adalah angin kencang yang tidak diprediksi oleh pihaknya. "Alam tak bisa diprediksi, dan ada angin atas 25 knot hingga tak bisa kendalikan parasut," ujar Hadi.

Baca Juga: Enam Penerjun Paskhas Cedera Kaki saat Latihan HUT TNI AU
Atraksi Udara, TNI AU akan Hadirkan Pesawat Sukhoi

Kejadian tersebut terjadi pada Kamis (6/4). Angin kencang tersebut menyebabkan penerjun melakukan pendaratan jauh di lokasi yang telah ditentukan. Beberapa bahkan mendarat di pemukiman warga.

Sebelumnya, Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsekal Pertama TNI Jemi Trisonjaya, di Jakarta, Jumat, mengatakan, penerjun Paskhas tersebut, sebelumnya bersama 108 anggota Paskhas lainnya menggunakan dua pesawat angkut berat Hercules C-130 melaksanakan penerjunan.

Namun, lanjut Marsekal Pertama Jemi Trisonjaya, setelah keluar dari pintu pesawat Hercules C-130 angin diatas mengalami perubahan yaitu bertiup kencang mencapai 20 knot sehingga para peterjun terbawa ke arah timur dan mendarat di daerah Komplek Kodam Jatiwaringin, dikutip Antara, Jumat (7/4). (Harry Muthahhari)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Enam Penerjun Paskhas Cedera Kaki saat Latihan HUT TNI AU Enam Penerjun Paskhas Cedera Kaki saat Latihan HUT TNI AU
Hasil Survei: Elektabiltas Ahok-Djarot Melambung Pasca Debat Hasil Survei: Elektabiltas Ahok-Djarot Melambung Pasca Debat
Wantim MUI Gelar Rapat Pleno, Jokowi Batal Hadir Wantim MUI Gelar Rapat Pleno, Jokowi Batal Hadir

#Jakarta #HUT TNI AU #Anggota TNI #Pasukan Khusus

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar