Konflik SARA, Ketua DKPP: Selesaikan Pakai Etika

Anggota DKPP PDT.Saut Hamonangan Sirait, M.TH (kiri), Ketua DKPP Jimly Asshiddiqie (tengah), dan kepala biro administrasi DKPP Ahmad Khumaisi (kanan) dalam keterangan persnya di Kantor DKPP, Jakarta, Jumat (10/3). (Arah.com/ Dini Afrianti)

Arah -  Tingginya konflik terkait isu SARA di Indonesia membuat Ketua DKPP, Jimly Asiddiqie cukup khawatir hingga akhirnya menawarkan sistem etik untuk meminimalisir konflik yang terjadi terkait agama.

"Saatnya kita perkenalkan sistem etik, Kalo soal etika semua agama memangdang sama, etika bisa mempersatukan berbagai perspektif," ujar Jimly di acara salah satu diskusi di Jakarta Pusat, Sabtu (8/4/2017).

Lebih lanjut pria berkacamata itu juga meminta masyarakat untuk lebih menyebarluaskan terkait etika untuk saling mempertemukan terkai permasalahan agama yang tidak hanya berkutat terkait benar dan salah saja.

"Soal etika saatnya kita populerkan, tidak semua masalah bisa diselesaikan dengan perspektif benar dan salah," ungkap Jimly.

Baca Juga: Ini Peringatan Buya Syafii Soal Kehancuran Indonesia
Ini Tafsir Al Maidah 51 Menurut Zakir Naik
Begini Ekspresi Ketakutan Djarot Naik Singa Asal Subang

Pada dasarnya menurut hakim pemilu tersebut juga mengatakan jika pemikiran seseorang hanya didasarkan pada benar dan salah ataupun halal dan haram, maka konflik akan semakin terus terjadi bahkan dengan penganut paham ataupun agama lain.

"Kalo kita bicara benar salah kalo kita bicara halal haram kita akan sulit berbicara dengan agama lain," pungkasnya.

Sehingga hal ini penting menurutnya diselesaikan secara etika. "Jangan hanya selesaikan soal legalitas konsitutionalitas, tapi soal etika baik buruk," tutupnya. (Dini Afrianti)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Ini Persiapan Ahok-Djarot Jelang Debat Putaran Kedua Ini Persiapan Ahok-Djarot Jelang Debat Putaran Kedua
Laporan Tak Direspon, Anies Tuding Polda Pilih Kasih Laporan Tak Direspon, Anies Tuding Polda Pilih Kasih
Hari Ini KPU Pastikan DPT Pilkada DKI 2017 Putaran Kedua Hari Ini KPU Pastikan DPT Pilkada DKI 2017 Putaran Kedua

#Jakarta #Hasil Pilkada DKI #Pilkada DKI Putaran Kedua #Pilkada DKI Jakarta 2017 #Hasil Quick Count DKI #jimly asshiddiqie

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar