Ruhut Pasang Badan Jika SBY Terseret Kasus E-KTP

Juru Bicara Tim Sukses Ahok-Djarot Ruhut Sitompul

Arah -  Politisi Partai Demokrat Ruhut Sitompul angkat bicara terkait pernyaraan Anas Urbaningrum yang menyebut-nyebut Susilo Bambang Yudhoyono dalam sidang kasus korupsi proyek e-Ktp. Ruhut membantah bahwa SBY, yang saat itu Presiden RI, terlibat dalam kasus korupsi dari penggunaan anggaran DPR tahun 2011.

Menurutnya, ayah dari Agus Yudhoyono itu orang yang jauh dari korupsi dan saat itu tidak ada uang yang masuk ke Demokrat atas arahan SBY.

"Nggak ada itu. SBY bersih. Dalam hal ini SBY bersih, Demokrat bersih," ujar Ruhut kepada Arah.com melalui sambungan telepon, Sabtu (8/4).

Sebelumnya, dalam sidang lanjutan korupsi proyek e-Ktp di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta Pusat, Kamis (6/4), Anas hadir sebagai saksi. Sebab, saat korupsi tersebut mulai terjadi, Anas adalah Ketua Fraksi Partai Demokrat di Dewan Perwakilan Rakyat.

Sebagai fraksi terbesar waktu itu, Anas memiliki peran penting di DPR. Di hadapan Majelis Hakim, ia menyebut SBY memberikan arahan untuk mendukung proyek pemerintah, dalam kasus pengadaan e-KTP, yaitu Kementerian Dalam Negeri.

Ruhut pun membantah pernyataan Anas itu. Menurutnya, SBY tidak pernah memberi perintah kepada Anas untuk mendukung proyek bermasalah seperti itu.

"SBY nggak (beri instruksi untuk itu) lah. Aku tahu pribadi pak SBY," ujae Ruhut.

Baca Juga: Anies Pede 57 Persen Warga DKI Ingin Gubernur Baru
Ini Tafsir Al Maidah 51 Menurut Zakir Naik

Dalam kasus korupsi proyek e-Ktp ini, dua orang sudah jadi terdakwa, yaitu mantan pejabat Kementerian Dalam Negeri, Irman dan Sugiharto, dan seorang pengusaha yang pernah menjadi mitra Kemendagri, Andi Agustinus alias Andi Narogong, berstatus tersangka.

Kasus korupsi tersebut membuat negara rugi Rp2,3 triliun dari anggaran pengadaan e-KTP sebesar Rp5,9 triliun.

Dari anggaran tersebut, sebesar 51 persen atau Rp2,6 triliun digunakan untuk membiayai proyek e-KTP. Sedangkan 49 persen atau sebesar Rp2,5 triliun dibagi-bagi ke sejumlah pihak, di antaranya anggota Komisi II DPR RI dan Badan Anggaran DPR RI. (May)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Duduk Bersanding, Anas dan Setnov Kompak Tak Kenal Terdakwa Duduk Bersanding, Anas dan Setnov Kompak Tak Kenal Terdakwa
Sidang E-KTP, Anas Sebut SBY Sempat Arahkan Program E-KTP Sidang E-KTP, Anas Sebut SBY Sempat Arahkan Program E-KTP
Anas: Jangankan Terima Dana, Daun Jambu Saja Enggak! Anas: Jangankan Terima Dana, Daun Jambu Saja Enggak!

#Jakarta #korupsi ektp #Sidang Korupsi e-KTP #Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (Preside #Ruhut Sitompul #Anas Urbaningrum

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar