Presiden Tunjuk Saldi Isra Jadi Hakim MK, Ini Komentar DPR

Hakim Mahkamah Konsitusi, Saldi Isra ditunjuk Presiden Joko Widodo menggantikan Patrialis Akbar yang tengah terjerat kasus dugaan korupsi. (saldiisra.web.id)

Arah -  Presiden Joko Widodo telah menetapkan Saldi Isra sebagai Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Pengganti Patrialis Akbar.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Taufiqul Hadi berharap dengan terpilihnya Saldi Isra dapat membawa citra baik untuk MA.

"Pak Saldi Isra kami anggap adalah salah seorang pakar hukum yang baik dan memiliki integritas, karena itu kami menganggap bahwa terpilihnya beliau ini sebagai hakim Mahkamah Konstitusi ada harapan menjadi lebih baik," kata Taufiqul Hadi di Kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (10/4).

Baca Juga: KPK Ingin Buktikan Proses Pengadan E-KTP Menyimpang
Waktu Wawancara Calon Mahkamah Konstitusi Dipertanyakan

Menurutnya, sebagian anggota Komisi III DPR RI cukup mengenal dengan Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Andalas Saldi Isra. Diharapkan kedepan akan mengembalikan MK kembali keranah lembaga yudikatif yang memiliki integritas baik.

Selain itu, Taufiqul berharap Saldi Isra bisa melakukan komunikasi kepada seluruh Hakim MK, karena selama ini menurutnya ada hal yang bertolak belakang dengan peran-peran yang harus dilakukan oleh MK.

"MK adalah lembaga yudikatif yang membuat hukum dalam konstitusi kita adalah lembaga legistlatif, karena itu menurut saya peran tersebut harus dilakukan Saldi Isra untuk bisa mengkomunikasikan kembali posisi tersebut," pungkasnya.

Dapat diketahui sebelumnya, panitia seleksi Hakim MK menyerahkan tiga nama calon hakim ke Presiden Joko Widodo. Selain Saldi Isra, ada nama Bernand L Tanya dan Wicipto Setiadi.

Namun, berdasarkan hasil seleksi, Presiden menetapkan Saldi Isra terpilih menggantikan Hakim MK Patrialis Akbar. (Muhamad Ridwan)

Berita Terkait

Hakim MK Adakan Pertemuan, Bahas OTT Patrialis? Hakim MK Adakan Pertemuan, Bahas OTT Patrialis?
Sunyi Senyap, Begini Suasana Rumah Patrialis Akbar Sunyi Senyap, Begini Suasana Rumah Patrialis Akbar
KY Sebut Patrialis Akbar Coreng Profesi Hakim KY Sebut Patrialis Akbar Coreng Profesi Hakim

#Jakarta #Hakim MK #Saldi Isra #Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) #Patrialis Akbar

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar