Ini Skema Baru Debat Cagub-Cawagub DKI Jakarta yang Digagas KPU

Ketua KPU DKI Jakarta, SUmarno saat memperagakan surat suara Pilkada DKI putaran kedua, di PT Gramedia Group Cikarang, Jawa Barat, Kamis (23/3). (Foto: Arah.com/ Muhamad Ridwan)

Arah - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, akan menggelar debat cagub-cawagub pada Rabu, (12/4) di Hotel Bidakara. KPU pun telah mempersiapkan tema umum yang akan harus dikembangkan dua pasangan calon. Yakni, "Dari Masyarakat untuk Jakarta" dengan tema besar kesenjangan dan keadilan sosial, penegakan hukum, dan bonus demografi.

Ketua KPU DKI Jakarta, Sumarno, mengatakan ada yang berbeda dalam debat Pilkada putaran kedua ini. "Ada perbedaan debat dibandingkan putaran pertama. Putaran kedua kita ingin mengonfirmasi visi, misi, dan program pasangan calon kepada masyarakat. Oleh karena itu kemudian kita ingin mendapatkan respons masyarakat seperti apa. Makanya itu menjadi temanya adalah 'Dari Masyarakat untuk Jakarta'," ucapnya di Kantor KPU DKI Jakarta Senin (10/4).

Sebagai tindak lanjut dari tema itu, KPU DKI jug akan mengundang kelompok masyarakat yang sudah diseleksi disaring dari sisi netralitasnya untuk dihadirkan di dalam debat. Lalu, menyampaikan langsung kepada calon Gubernur dan calon Wakil Gubenur.

Baca Juga: Debat Sengit Zakir Naik dengan Pengacara Nasrani di Makassar
Presiden Tunjuk Saldi Isra Jadi Hakim MK, Ini Komentar DPR

"Jadi nanti ada tiga bagian. Pertama komunitas masyarakat yang bertanya, kemudian pertanyaan dari panelis tentang program-program yang sudah disampaikan semacam studik kasus. Lalu, tektok antarpasangan, yang pertama adalah calon wakil Gubernur. Mereka saling bertanya dan saling berdebat antar calon wakil Gubernur. Kemudian, nanti berikutnya calon Gubernur," tambah Sumarno.

Terakhir, pada acara debat Pilkada putaran kedua, ditutup dengan statement para calon Gubernur tentang ajakan mewujudkan Pilkada yang damai. Debat putaran kedua kali ini akan kembali dimoderatori Ira Koesno. Ira adalah moderator di debat putaran pertama Pilkada DKI lalu. (Nugie)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Temui Ketua KPU DKI, Ini yang Diminta FUI Temui Ketua KPU DKI, Ini yang Diminta FUI
KPUD-Polda Metro Jaya Rapat Pengamanan Pilkada DKI KPUD-Polda Metro Jaya Rapat Pengamanan Pilkada DKI
PDIP Balas Sindiran Soal Peci Djarot: Pak Anies Umroh Saja Belum! PDIP Balas Sindiran Soal Peci Djarot: Pak Anies Umroh Saja Belum!

#Jakarta #KPU DKI Jakarta #Pilkada DKI Jakarta 2017 #Debat Cagub-Cawagub DKI #Ahok-Djarot #Anies-Sandi

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar