Bagaimana Hukumnya Istri Mengambil Uang Suami Tanpa Izin?

Ilustrasi foto (shutterstock)

Arah - Dalam kehidupan berrumah tangga, hendaknya seorang muslim atau muslimah mengetahui apa saja yang menjadi hak dan kewajiban keduanya.

Bahkan, selayaknya pengetahuan akan hal-hal seperti itu diketahui sejak sebelum pernikahan itu terjalin atau akad mempelai diucapkan.

Karena pengetahuan akan hak dan kewajiban masing-masing pasangan suami dan istri dapat menghindarkan keduanya dari perselisihan yang berujung pada perceraian.

Salah satu hal yang paling sering mengganjal di kalangan para istri adalah, bolehkah seorang istri mengambil harta suami tanpa sepengetahuan suami tersebut?

Baca Juga: Astagfirullah, Inilah Golongan Rajin Salat Tapi Masuk Neraka
Begini Anjuran Istri Melayani Suami Saat Sedang Haid

Rasulullah Sallallahu Alaihi Wa Sallaam pernah menyinggung persoalan itu yang tertulis dalam kitab Bukhari.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata bahwa Hindun binti ‘Utbah, istri dari Abu Sufyan, telah datang berjumpa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya Abu Sufyan itu orang yang sangat pelit. Ia tidak memberi kepadaku nafkah yang mencukupi dan mencukupi anak-anakku sehingga membuatku mengambil hartanya tanpa sepengetahuannya. Apakah berdosa jika aku melakukan seperti itu?”

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Ambillah dari hartanya apa yang mencukupi anak-anakmu dengan cara yang patut.” (HR. Bukhari, no. 5364; Muslim, no. 1714)

Ibnu Hajar rahimahullah menyatakan bahwa mengambil dengan cara yang ma’ruf, maksudnya adalah sesuai kadar yang dibutuhkan secara ‘urf (menurut kebiasaan setempat). (Fath Al-Bari, 9: 509)

Dari hadits di atas menunjukkan bahwa seorang ayah wajib menafkahi anaknya. Sebagian kalangan menyatakan nafkah tersebut hanya saat anak itu beranjak baligh, sebagian lainnya berpandangan nafkah itu diberikan baik dalam keadaan kecil atau selama anak-anak itu dalam keadaan fakir.

Berita Terkait

Islam Memuliakan 'Wanita Harum' dan Pandai Memasak Islam Memuliakan 'Wanita Harum' dan Pandai Memasak
Bolehkan Pasangan Suami Istri Punya Rasa Cemburu? Bolehkan Pasangan Suami Istri Punya Rasa Cemburu?
DPR RI Singgung Pemberitaan Media Bersifat Partisan DPR RI Singgung Pemberitaan Media Bersifat Partisan

#Jakarta #Tips Suami Istri #Suami Istri #pasangan suami istri #kehidupan rumah tangga #masalah rumah tangga #Tips Rumah Tangga

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar