Seperti Ini Komunitas yang Akan Dihadirkan KPU Dalam Debat

Basuki Tjahaja Purnama (ketiga kiri)-Djarot Saiful Hidayat (ketiga kanan), Anies Baswedan (kedua kanan)-Sandiaga Uno (kanan) mengikuti Debat Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta kedua di Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat (27/1). (foto/antara/Hafidz Mubarak)

Arah - Komisioner KPU DKI Betty Epsilon Idroos tidak menyebut secara gamblang komunitas yang akan dihadirkan dalam debat nanti malam.

Komunitas yang dihadirkan nantinya dapat bertanya kepada pasangan calon gubernur dan wakil gubernur pada segmen tiga dan empat.

Betty hanya menyebut dari lima isu permasalahan yang akan dihadirkan pada debat ini ada 15 orang dari tiap isu atau komunitas. Total 75 orang dari komunitas yang ada.

"Kan ada lima isu, semua dari isu itu kita undang untuk menjadi bagian dari perhelatan hari ini ada 15 orang setiap isu yang kita undang, jadi total ada 75 orang," kata Betty di hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (12/4/2017).

Baca Juga: Jelang Debat, Apa Persiapan Ah
Debat Pilkada DKI Ada Enam Segmen, Ini Isinya

Betty menjelaskan, KPUD DKI membentuk kelompok kerja yang terdiri dari para ahli profesional dan akademis dan tidak berafiliasi dengan paslon. Para ahli tersebut nantinya akan menunjuk

"Lalu kan sudah ada lima subtema, mereka akan memilih empat komunitas yang akan bertanya mereka akan kami panggil untuk kemudian diminta komitmennya, mengisi pakta integritas bukan bagian dari salah satu paslon, dan baru kita diskusi apa persoalan anda sebagai warga Jakarta," jelas Betty.

Betty juga yakin nantinya tidak ada pertanyaan yang menyudutkan salah satu pasangan calon karena apa yang ditanyakan merupakan pertanyaan umum.

"Pertanyaan itu generik, kedua paslon. Itu persoalan warga, kami tidak tahu pertanyaan itu sama sekali. Jadi pertanyaan dari panelis dan warga kami tidak tahu. Itu yang akan ditanyakan dan akan dirandom," tegas Betty.

KPUD DKI telah menyiapkan tema umum pada debat malam ini, yaitu "Dari Masyarakat untuk Jakarta" dengan tema besar kesenjangan dan keadilan sosial, penegakan hukum, dan bonus demografi. Presenter senior Ira Koesno akan menjadi moderator debat yang dibagi menjadi enam segmen.

Sebelumnya, KPU DKI Jakarta telah menetapkan hasil pilkada DKI pada putaran pertama, pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni memperoleh 17.07 persen suara. Sedangkan Ahok-Djarot memperoleh 42,99 persen suara, dan pasangan Anies-Sandiaga memperoleh 39,95 persen suara. Hasil tersebut tidak berbeda jauh dengan quick count Pilkada DKI yang dirilis sejumlah lembaga survei. Sehingga pasangan Ahok-Djarot dan Anies-Sandi yang berhak maju ke Pilkada DKI putaran kedua. (Shemi) 

Berita Terkait

KPU DKI Segera Distribusikan Surat Suara KPU DKI Segera Distribusikan Surat Suara
Wow, Ahok Janjikan Gaji RT/RW Setara UMP Wow, Ahok Janjikan Gaji RT/RW Setara UMP
Terkuak! Ternyata Ahok Tak Patuhi Semua Program Jokowi Terkuak! Ternyata Ahok Tak Patuhi Semua Program Jokowi

#Jakarta #Pilkada DKI Putaran Kedua #Pilkada DKI Jakarta 2017 #Hasil Quick Count DKI #KPU DKI Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar