Keinginan Pensiun, Hasto: Megawati Tak Mudah Tergoyahkan Badai

Dok. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memimpin upacara bendera di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (17/8). Kegiatan tersebut bertujuan memperingati HUT Ke-71 RI. (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Arah - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto masih belum mau membuka mulut terkait pengganti Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri jika pensiun nanti. 

Menurutnya, kepemimpinan PDI Perjungan harus ditentukan melalui kongres dari kader paling bawah. Dari beberapa hasil konsultasi yang diadakan menurut Hasto, posisi Megawati Soekarnoputri sebagai ketua umum sangat kuat. 

"Dengan menanyakan jajaran struktur partai, mereka melihat bahwa kepemimpinan ibu Mega yang kokoh dalam prinsip, yang tidak mudah tergoyahkan oleh badai," kata Hasto usai acara debat Pilkada DKI di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (12/4/2017). 

Baca Juga: Pahitnya Perjuangan Devina untuk Sekolah Bisa Sekolah
Usai Debat, Djarot: Lega Ya, Tapi Perjuangan Belum Selesai

Menurutnya apa yang disampaikan Mega terkait keinginannya untuk pensiun adalah untuk mengingatkan agar PDI Perjuangan dapat terus melakukan proses regenerasi kepemimpinan. 

"Sehingga apa yang disebutkan oleh ibu Mega hanya untuk mengingatkan bahwa salah satu tugas partai adalah untuk menyiapkan pemimpin. Proses itu yang terus menurus kami siapkan," jelas Hasto. 

Hasto juga mengatakan PDI Perjuangan giat dalam proses kaderisasi termasuk menyiapkan kepala daerah yang handal. 

"Sehingga PDIP nggak pernah kekurangan stok pemimpin. Tapi terkait kepemimpinan partai, arus bawah partai masih menghendaki kepemimpinan ibu Mega untuk terus menerus menjaga partai ini agar setia pada jalan ideologinya," ujarnya.

Seperti diberitakan, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri diketahui kerap mengungkapkan keinginannya untuk pensiun dari dunia politik.

Terakhir dalam HUT ke-17 Banteng Muda Indonesia di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Mega juga menyampaikan keinginannya itu, akhir Maret 2017 lalu.

"Saya berkata pada diri saya, mereka (kader) itu kok nggak kapok-kapok. Saya sebetulnya sudah dari tahun lalu mau pensiun. Karena tidak mudah apalagi seorang wanita menjadi ketua umum partai di Republik ini," ujar Megawati. (Shemi)

Berita Terkait

Empat Nama Ini Digadang Bakal Gantikan Megawati Soekarnoputri Empat Nama Ini Digadang Bakal Gantikan Megawati Soekarnoputri
Megawati Soekarnoputri Minta Pensiun, Sekjen PDIP Angkat Bicara Megawati Soekarnoputri Minta Pensiun, Sekjen PDIP Angkat Bicara
Dangdutan Bareng Artis, Hasto: Bu Ketum PDIP Juga Suka Dangdutan Bareng Artis, Hasto: Bu Ketum PDIP Juga Suka

#Jakarta #Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri #PDI Perjuangan #Ketua Umum PDI Perjuangan #Hasto Kristiyanto

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar