Menang Tipis, Mayoritas Warga Turki Dukung Referendum

Presiden Turki Tayyip Erdogan dengan istrinya Emine menyapa pendukung di dekat kediamannya di Istanbul, Turki, Minggu (16/4/2017). (Reuters/Murad Sezer)

Arah - Kekuasaan lebih besar bagi Presiden Recep Tayyip Erdogan akhirnya diraih setelah mayoritas rakyat Turki setuju melakukan referendum dan menjadikan negara mereka penganut sistem presidensial melalui referendum, Minggu (17/4/2017).

Tayyip Erdogan unggul tipis dari penentangnya berdasarkan hasil surat suara yang sudah dihitung. Namun tiga kota terbesar Turki dan daerah-daerah Kurdi di tenggara, mayoritas warga memilih tidak setuju atas referendum itu.

Kantor berita Anadolu seperti dikutip Reuters melaporkan, suara warga yang setuju mencapai 51,7 persen setelah 95 persen suara dihitung.

Mereka yang memilih setuju, bersiap melakukan referendum perubahan konstitusi dan akan menghapus sistem demokrasi parlementer Turki menjadi sistem presidensial.

Baca Juga: Jerman Selidiki Dugaan Praktik Mata-mata Turki
Menggegerkan, Lumba-Lumba Berkepala Dua Terdampar di Pantai Turki

Perubahan konstitusi ini adalah perubahan paling radikal dalam sistem politik Turki dalam sejarah modern negara ini.

Hasil referendum itu juga akan membuat hubungan Turki dan Uni Eropa menjadi tegang. Negara anggota NATO itu telah mengendalikan arus pengungsi yang kebanyakan dari Suriah dan Irak masuk ke Uni Eropa, namun Erdogan menyatakan akan mengkaji lagi komitmen itu dengan Uni Eropa setelah referendum ini.

Di tiga kota terbesar Turki --Istanbul, Izmir dan ibu kota Ankara-- kubu pemberi suara "Tidak" unggul tipis.

Berbicara kepada wartawan di Ankara, Wakil Perdana Menteri Veysi Kaynak menyatakan kubu "Ya" tidak memenangkan suara sebanyak yang diharapkan, namun tetap menang secara nasional.

Berita Terkait

Dituduh Terkait Terorisme, 4.400 PNS Turki Dipecat Dituduh Terkait Terorisme, 4.400 PNS Turki Dipecat
Militer Turki Gempur Pertahanan ISIS, 65 Orang Tewas Militer Turki Gempur Pertahanan ISIS, 65 Orang Tewas
Alhamdulillah, Turki Cabut Larangan Berhijab di Militer Alhamdulillah, Turki Cabut Larangan Berhijab di Militer

#Jakarta #Militer Turki #Turki #Referendum #Recep Tayyip Erdogan

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar