1.500 Lentera Tenaga Surya untuk Anak Papua Belajar di Malam Hari

Samsung Electronics Indonesia luncurkan program "1.500 Cahaya utuk Lanny Jaya, Papua" (Foto Arah.com/Anugrah Andriansyah)

Arah -  Kabupaten Lanny Jaya, Papua, yang dihuni oleh sekitar 216 ribu jiwa, terdiri dari 39 distrik, dan 350 desa, sangat membutuhkan listrik untuk pencahayaan.

Itu diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kabupaten Lanny Jaya, Sendius Wonda, di acara peluncuran program Samsung Electronics Indonesia donasi lentera tenaga surya "1.500 Cahaya utuk Lanny Jaya, Papua", di kawasan Kuningan, Jakarta, (17/4).

"Daerah kami butuh pertolongan untuk penerangan. Masih banyak distrik (kecamatan) di Lanny Jaya yang belum mendapatkan penerangan. Bahkan banyak anak-anak sekolah kesulitan belajar saat malam hari," kata Sendius Wonda.

Tapi, kini warga Lanny Jaya bisa bernapas lega. Pasalnya daerahnya mendapatkan donasi 1.500 lentera tenaga surya dari Samsung Electronics Indonesia.

Ada sejumlah distrik yang sama sekali belum memiliki listrik, yakni di Distrik Tiom, Malagaineri, Mokoni, Bokon, Indawa, Wiringgambut, dan Pirime.

Baca Juga: Satelit Telkom 3S Mulai Beroperasi, Ini Fungsinya
Samsung Terangi Papua dengan 1.500 Lentera Tenaga Surya
Steve Wozniak: Apple, Google dan Facebook Akan Hidup Sampai 2075
Xiaomi Mi 6 Dipastikan Usung Dua Kamera dan RAM 6 GB

Dengan hadirnya lentera tenaga surya ini, diharapkan dapat membantu kegiatan masyarakat. Seperti anak-anak bisa belajar di malam hari dan para perempuan bisa menghasilkan banyak tenunan.

"Kami sangat senang menerima donasi lentera tenaga surya ini. Fungsinya sangat tepat untuk kebutuhan masyarakat Lanny Jaya. Kami berharap ada banyak lagi lentera tenaga surya, karena banyak wilayah lain selain Lanny Jaya yang posisinya di balik gunung dan tidak ada akses listrik," tutup Sendius Wonda.

Sesuai namanya, lentera ini cukup dipaparkan pada matahari secara langsung selama 10 jam untuk mendapatkan energi penuh dan memberikan penerangan selama 12 jam.

Lentera ini juga dapat dilipat dan mudah disimpan dan dibawa sambil berjalan, sehingga mendukung mobilitas di malam hari. (Anugrah Andriansyah)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Samsung Terangi Papua dengan 1.500 Lentera Tenaga Surya Samsung Terangi Papua dengan 1.500 Lentera Tenaga Surya
Inikah 5 Fitur Baru Samsung Galaxy S7? Inikah 5 Fitur Baru Samsung Galaxy S7?
Perang Berlanjut, Sukmawati Ogah Tanggapi Ajakan Mediasi Rizieq Perang Berlanjut, Sukmawati Ogah Tanggapi Ajakan Mediasi Rizieq

#Jakarta #Samsung Indonesia #Samsung #listrik #kekurangan listrik #Papua

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar