Pembagian Sembako Jelang Pilkada, DPR: Jelas Itu Politik Uang

Wakil Ketua DPR, Fadli Zon ketika ditemui di kompleks DPR RI, Senin (17/4). (Arah.com/ Muhamad Ridwan)

Arah -  Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Fadli Zon mengatakan praktek membagi-bagikan sembako saat kampanye atau pun hari tenang merupakan tindakan jelas melakukan politik uang.

Politik uang dalam bentuk sembako marak dilakukan oleh masing-masing pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta jelang proses pemungutan suara 19 April 2017 mendatang.

"Menurut saya sembako itu jelas politik uang, siapapun yang melakukan harus ditindak demi terselenggara proses Pilkada DKI yang aman dan nyaman," kata Fadli Zon saat ditemui di Kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (17/4).

Baca Juga: Mantan Relawannya Timbun Sembako, Sandi: Ternyata Dia Ahokers
Soal Politik Sembako, Sandi: Pak Basuki Juga Pasti Enggak Setuju

Fadli Zon menuturkan dirinya telah mendatangi daerah di sekitar Jakarta, dan mendapatkan politik uang yang dilakukan oleh pasangan calon nomor urut dua, dengan memakai seragam kemeja kotak-kotak.

Hal tersebut, ditemukan saat dirinya mengunjungi kawasan Karet Tengsin, Jakarta Pusat pada (15/4/2017) lalu, dirinya menemukam politik uang yang berupa baju kotak-kotak, pamplet nomor urut 2, sembako dan amplop yang berisi uang.

"Untuk dapat mengambil barang-barang tersebut, warga harus memberikan foto copy KTP dan fotocopy KK," jelasnya.

Lebih lanjut, Fadli menyatakan kegiatan politik uang harus dihentikan karena dapat mengganggu proses Pilkada DKI menjadi tidak tidak sehat.

Sebelumnya, KPU DKI Jakarta telah menetapkan hasil pilkada DKI pada putaran pertama, pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni memperoleh 17.07 persen suara. Sedangkan Ahok-Djarot memperoleh 42,99 persen suara, dan pasangan Anies-Sandiaga memperoleh 39,95 persen suara.

Hasil tersebut tidak berbeda jauh dengan quick count Pilkada DKI yang dirilis sejumlah lembaga survei. Sehingga pasangan Ahok-Djarot dan Anies-Sandi yang berhak maju ke Pilkada DKI putaran kedua. (Muhamad Ridwan)

Berita Terkait

Pihak Luar Daerah Awasi Pilkada DKI, Fadli Zon:Tidak Ada Larangan Pihak Luar Daerah Awasi Pilkada DKI, Fadli Zon:Tidak Ada Larangan
Jelang Debat Pilkada, Djarot akan Temui Ahok Jelang Debat Pilkada, Djarot akan Temui Ahok
Bawaslu: Kegiatan Bazar Selama Masa Tenang Juga Dilarang Bawaslu: Kegiatan Bazar Selama Masa Tenang Juga Dilarang

#Jakarta #Pilkada DKI Putaran Kedua #Pilkada DKI Jakarta 2017 #Hasil Quick Count DKI #Fadli Zon #politik uang

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar