Dewan Pers Berharap AMSI Jadi Verifikator Media Daring

Deklarasi Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) di Gedung Dewan Pers, Jakarta (18/4) (Foto Instagram/AMSI)

Arah -  Ketua Dewan Pers Yosef Adi Prasetyo menyambut baik deklarasi Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI). Ia berharap AMSI memberikan kontribusi untuk masyarakat dan negara.

"Kami berharap AMSI didaftarkan ke Dewan Pers, sehingga menjadi konstituen kami. Selain itu, AMSI juga bisa menjadi verifikator bagi media-media daring," kata Yosef, di acara Deklarasi AMSI di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Selasa (18/4).

Pria yang akrab Stanley itu mengatakan saat ini konstituen Dewan Pers ada tujuh organisasi wartawan dan perusahaan media.
Yaitu, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI) dan Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI).

Menurut Stanley, bila konstituen semakin banyak, maka kerja Dewan Pers akan makin mudah, termasuk dalam mendata dan menverifikasi media-media di Indonesia.

"Perkiraan Dewan Pers, ada 43.300 media siber di seluruh Indonesia. Media siber akan mengalahkan media-media konvensional melalui konvergensi yang 'multiplatform'," tuturnya, dikutip Antara.

Baca Juga: Ini Cara Bea Cukai Lampung Cegah Pegawainya Korupsi
Usai Sidak Rusun, Ahok akan Cek KTP Warga

Salah satu yang diharapkan Dewan Pers dari AMSI adalah ikut memerangi berita-berita bohong atau hoax yang menyebar di masyarakat.

"Saya perhatikan, berita-berita 'hoax' masih marak enam bulan lalu. Namun, sejak diperangi bersama, relatif berkurang. Saya amati tidak banyak lagi 'hoax' di media sosial," kata Stanley.

Meskipun berita-berita bohong sudah berkurang, ia menyebut media-media siber palsu masih bermunculan. Biasanya mereka menggunakan nama dengan meniru nama media yang sudah populer.

"Media-media palsu ini mengambil berita dari media-media lain, tetapi diubah beberapa bagian," pungkas Stanley.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

AMSI Harus Segera Bikin Aturan Etik Berita di Media Siber AMSI Harus Segera Bikin Aturan Etik Berita di Media Siber
150-an Media Siber Menghimpun Diri dalam AMSI 150-an Media Siber Menghimpun Diri dalam AMSI
Jumlah Berita Hoax Menurun Drastis Sejak Enam Bulan Lalu Jumlah Berita Hoax Menurun Drastis Sejak Enam Bulan Lalu

#Jakarta #Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) #Media Siber #Dewan Pers

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar