Sidang Tuntutan Ahok, Jaksa: Jangan Ada Intimidasi Putusan Hakim

Terdakwa kasus penistaan agama Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menjalani persidangan yang digelar Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut) di ruang sidang di Auditorium Kementan Jakarta, Selasa (7/2).(foto/antara/Isra)

Arah - Koordinator Jaksa Penuntut Umum Ali Mukartono menyatakan tuntutan yang diberikan kepada terdakwa penista agama, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Ia meminta seluruh massa yang mengikuti jalannya sidang yang digelar Pengadilan Negeri Jakarta Utara itu tetap menahan diri.

"Baik yang pro dan kontra tidak boleh pengaruhi persepsi jalanannya persidangan tapi hanya aspirasi masyarakat," kata Ali di Auditorium Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan, Kamis (20/4).

Ia menegaskan, jika tuntutan yang diberikan kepada terdakwa Ahok berdasarkan asas fakta temuan di lapangan. Kemudian juga dilengkapi dari keterangan selama persidangan. "Didasarkan dakwaan dan tuntutan persidangan kami semata-mata lakukan objektif dan kebenaran yang hakiki hasil-hasil pemeriksaan perkara ini tuntutan terdakwa," pungkasnya.

Baca Juga: Pengacara Ahok Ingin Uji Keberanian Jaksa Penuntut
Begini Ucapan Pamit Ahok ke Warga Jakarta

Sebelumnya, Teguh Samudra, anggota tim kuasa hukum Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ingin menguji keberanian Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk menuntut bebas Ahok atas perkara penodaan agama.

"Jika tidak berani dan berasumsi bahwa pasal yang didakwakan yaitu Pasal 156a, maka kami siap bahwa kesengajaan itu akan dibuktikan tidak ada," kata Teguh.

Menurut Teguh, didasarkan pada beberapa keterangan ahli pidana, bahasa, agama, dan juga keterangan psikologi sosial tidak ada dalam pidato Ahok di Kepulauan Seribu sengaja untuk melakukan penodaan agama. (Muhamad Ridwan)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Ahok Siap Dengarkan Tuntutan Jaksa Penuntut Umum Ahok Siap Dengarkan Tuntutan Jaksa Penuntut Umum
Kasus Penistaan Agama, Kuasa Hukum: Ahok Harus Dituntut Bebas Kasus Penistaan Agama, Kuasa Hukum: Ahok Harus Dituntut Bebas
Terjawab, PN Jakarta Utara Pastikan Sidang Ahok Tetap Berjalan Terjawab, PN Jakarta Utara Pastikan Sidang Ahok Tetap Berjalan

#Jakarta #Sidang Ahok #Penistaan Agama #Pengadilan Negeri Jakarta Utara #Jaksa Penuntut Umum (JPU) #Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar