Begini Tanggapan Ketum Pemuda Muhammadiyah Soal Tuntutan Ahok

Presiden Joko Widodo menerima Pengurus Pusat Pemuda Muhammadiyah yang dipimpin Ketua Umumnya Dahnil Anzar Simanjuntak, Senin (20/2). PP Pemuda Muhammadiyah menyampaikan hasil riset mereka tentang praktik rente jabatan Aparatur Sipil Negara, juga mengundang Jokowi untuk ikut serta dalam kegiatan bersih-bersih rumah ibadah oleh Pemuda Muhammadiyah. (Foto: dok. Pemuda Muhammadiyah)

Arah - Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak menanggapi soal tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) kasus dugaan penistaan agama atas terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). 

Dihubungi arah.com Dahnil mengatakan ia tak setuju dengan tuntutan yang diberikan JPU pada persidangan kasus dugaan penistaan agama.

"Saya tidak setuju. Penegakan moralitas hukum yang telah dilanggar terdakwa, jika JPU dan Kejaksaan Agung memiliki paradigma hukum sebagai kristalisasi etik dan moral seharusnya tuntutannya berbobot," kata Dahnil, Kamis (20/4/2017).

Baca Juga: Tim Ahok Nilai Hasil Tuntutan Bukti Jaksa Ragu-ragu
Banyak yang Tak Puas, Jaksa: Putusan Tergantung Hakim

Dahnil juga menilai, kasus penistaan agama ini terbukti mengancam kesatuan antar umat beragama.

"Kasus penistaan agama ini bisa menjadi ancaman besar bagi masa depan bangsa Indonesia. Tapi dimana kejujuran dan nalar hukum tuntutan yang terindikasi 'simulatif' itu. Kejaksaan Agung patut disayangkan atas kritis integritas proses tuntutan kasus ini," katanya.

Sebelumnya, JPU dalam persidangan kasus penistaan agama di Auditorium Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan.

Dalam tuntutannya, JPU menilai Ahok terbukti melakukan penodaan agama karena menyebut surat Al Maidah saat bertemu warga di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu pada 27 September 2016 silam. 

"Menjatuhkan hukuman kepada terdakwa dengan pidana penjara selama 1 tahun dengan masa percobaan 2 tahun," ujar JPU. 

JPU dalam persidangan itu menuntut Ahok dengan hukuman 1 tahun pidana, dan 2 tahun masa percobaan. (Anugrah Andriansyah)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Saksi Sidang Ahok: Banyak Selebaran Tolak Pemimpin Non Muslim Saksi Sidang Ahok: Banyak Selebaran Tolak Pemimpin Non Muslim
Sidang Ahok Hadirkan 5 Saksi, Mulai Ahli Hingga Teman SD Sidang Ahok Hadirkan 5 Saksi, Mulai Ahli Hingga Teman SD
Ahli Hukum MUI: Singgung Al Maidah, Ahok Punya Motif Jahat Ahli Hukum MUI: Singgung Al Maidah, Ahok Punya Motif Jahat

#Jakarta #Sidang Ahok #Sidang Tuntutan #Penistaan Agama #Al Maidah 51

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar