Tuntutan Ahok Ringan, Pemuda Muhammadiyah Sebut Nama Jokowi

Presiden Joko Widodo meresmikan Masjid Kh Hasyim Ashari di Jalan Daan Mogot, Jakarta, Sabtu (15/4). (Foto: Arah.com/ Muhammad Mukied)

Arah - Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah memberikan tuntutan terhadap terdakwa penista agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dengan hukuman satu tahun penjara ditambah percobaan selama dua tahun. Namun, tuntutan itu dianggap tidak layak dan dirasa kurang seperti yang disampaikan oelh Sekertaris Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Fedri Kasman.

Kasman menilai, tuntutan JPU seperti memperlihatkan adanya intervensi dari penguasa di republik ini. "Ada intervensi secara besar-besaran sehingga jaksa terlihat dengan jelas tidak independen atau bahkan kami melihat seolah-olah jaksa menjadi pembela Ahok," kata Fedri usai persidangan di Kementerian Pertanian, Jalan RM Harsono, Ragunan, Jakarta Selatan, Kamis (20/4).

Oleh karenanya, ia meminta Presiden Joko Widodo untuk bertindak guna menerapkan hukum secara adil. Fedri menjelaskan, Indonesia saat ini pantas dikatakan darurat penegakan hukum, karena kekuatan politik, kekuatan materi atau pun kekuatan dapat mengobok-obok hukum yang ada, sehingga jaksa sebagai pengacara negara tidak bisa bertindak independen.

Baca Juga: Wapres AS Akui Indonesia Negara Demokrasi ke 2 Terbesar di Dunia
Jupe Ngedrop, Bertrand Antolin Hingga Ustaz Maulana Kunjungi RSCM

"Sangat di mungkinkan masyarakat akan mencari jalan keadilan sendiri jika hukum tidak ditegakkan di negeri ini, karena itu Presiden harus segera bertindak jika tidak bisa, kami menuntut Presiden yang turun tahta," tegasnya.

Sebelumnya diketahui, Jaksa penuntut umum dalam pembacaan tuntutan menyatakan Ahok bersalah dan memenuhi unsur Pasal 156 KUHP. Jaksa menuntut hukuman penjara bagi Ahok satu tahun penjara dengan masa percobaan dua tahun. (Muhamad Ridwan)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Saksi Ahli Agama: Siapa Tahu Ada Orang Sengaja Saksi Ahli Agama: Siapa Tahu Ada Orang Sengaja
Kuasa Hukum Ahok akan Laporkan Ketua FPI Jakarta Kuasa Hukum Ahok akan Laporkan Ketua FPI Jakarta
Pengacara Ahok: Panggil Paksa Saksi Jika Mangkir Dua Kali Pengacara Ahok: Panggil Paksa Saksi Jika Mangkir Dua Kali

#Jakarta #Sidang Ahok #Pemuda Muhammadiyah #presiden joko widodo #presiden jokowi #Penistaan Agama

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar