Dengar Tuntutan Ahok, ACTA Belum Miliki Strategi

Adanya kasus dugaan penistaan agama yang berujung di kursi pesakitan Pengadilan Negeri Jakarta Utara, membuat pasangan yang diusung oleh PDI Perjuangan, Golkar, Nasdem Dan Hanura ini, tak semulus pada tahun 2012 lalu. (ANTARA FOTO: Hafidz Mubarak A)

Arah -  Wakil Ketua Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) Ade Irfan Pulungan yang menjadi salah satu kuasa hukum pelapor menyatakan rasa kecewa dan prihatin terhadap tuntutan yang dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Namun berbeda dengan sikap ACTA yang biasanya sigap dalam mengawal kasus Ahok, kali ini pihaknya belum memikirkan langkah selanjutnya.

"Belum ada langkah apa-apa sementara ini," ungkapnya Ade Irfan usai persidangan di Kementerian Pertanian, Jalan RM Harsono, Ragunan, Jakarta Selatan, Kamis (20/4/2017).

Namun menurutnya, terdakwa penista agama seharusnya dituntut dengan hukuman yang maksimal, melainkan dituntut dengan sangat ringan yang mengacu pada Pasal 156 KUHP.

"Jadi saya lihat inilah persoalan penistaan agama dengan tuntutan hukuman satu tahun dan ini merupakan hukuman paling ringan yang pernah terjadi," katanya.

Baca Juga: Mengejutkan, Ini Jawaban Setnov Soal Jabatan Ahok Pascalengser
Begini Ucapan Pamit Ahok ke Warga Jakarta
Rusuh di Sidang Ahok, Warga: Dia Ngomong Bunuh-bunuh
Ditagih Soal Jakarta Bersyariah, Fadli Zon: Itu Kan Hoax

Seharusnya dalam hal ini menurut Ade Irfan, JPU dapat menerapkan Pasal 156a KUHP, lantaran Pasal 156 tidak memenuhi unsur-unsur tersebut dan terlihat jelas bahwa hukum itu tumpul ke atas dan tajam ke bawah.

Lanjutnya, JPU seharusnya dapat sependapat dengan pelapor dugaan penodaan agama hang dilakukan oleh Ahok, dan bukan seperti menjadi penasehat hukum Ahok.

"Kalau seperti ini pasti masyarakat akan kecewa terhadap tuntutan yang dibacakan oleh JPU," jelasnya.

Lebih lanjut, Ade Irfan berharap pelaku penistaan agama dapat dituntut semaksimal mungkin sesuai hukum yang berlaku (Muhamad Ridwan)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Pengacara Ahok Ingin Uji Keberanian Jaksa Penuntut Pengacara Ahok Ingin Uji Keberanian Jaksa Penuntut
Mantan Hakim Turun Tangan di Kasus Ahok Mantan Hakim Turun Tangan di Kasus Ahok
Rusuh di Sidang Ahok, Warga: Dia Ngomong Bunuh-bunuh Rusuh di Sidang Ahok, Warga: Dia Ngomong Bunuh-bunuh

#Jakarta #Sidang Tuntutan #Sidang Ahok #Penistaan Agama #Basuki Tjahaja Purnama #LSM Advokat Cinta Tanah Air (ACTA)

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar