Gus Mus Ajak Netizen Perangi Hoax

Aktivis yang tergabung dalam Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) membentangkan poster yang berisi penolakan penyebaran berita bohong (hoax) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (22/1). Aksi tersebut digelar untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar berhati-hati dan menyaring informasi yang tidak benar atau hoax. (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Arah - Kiai Haji Mustofa Bisri atau yang akrab disapa Gus Mus mengajak para pengguna media sosial terus memerangi berita bohong (hoax) yang berpotensi mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Pengguna media sosial harus terus menjaga kewarasan, jangan sampai orang-orang tidak waras menguasai media sosial dan seolah menjadi sumber kebenaran, padahal tak waras," katanya di Semarang, Kamis (20/4).

Hal teraebut disampaikan Gus Mus pada acara Sarasehan Nasional dengan tema "Melawan Hoax, Mengembalikan Jati Diri Bangsa" yang berlangsung di Wisma Perdamaian dan diikuti berbagai kalangan masyarakat.

Menurut Gus Mus, dilaporkan Antara, hoax tidak hanya menjadi sarana penyebar fitnah, tapi juga berpotensi memecah belah bangsa.

Baca Juga: Facebook Sebar 10 Tips Kenali Berita Hoax, Kamu Wajib Tahu!
Google Rilis Fact Check, Fitur Baru untuk Berantas Berita Hoax

Gus Mus menjelaskan bahwa jati diri adalah persoalan kemampuan melakukan peran dalam kehidupan bermasyarakat, disebutkan Antara.

"Ya seperti ini, ulama gak perlu memimpin demo dan gubernur ya jangan wiridan terus, gubernur perlu kerja untuk rakyat. Antara ulama dan pemerintah ada tugas masing-masing, gak perlu berebutan," ujarnya.

Gus Mus berharap para pemimpin dan pemilik kekuasaan mampu mengatasi kemungkaran.

"Kadangkala harus menggunakan 'tangan' untuk mengatasi kemungkaran. Polisi dan pemerintah ya jangan mengimbau, mereka punya daya tekan. Mengimbau itu kewajiban ulama," pungkasnya.

Berita Terkait

Luhut: 'Hoax' Jadi Sumber Pemecah Belah Kehidupan Bernegara Luhut: 'Hoax' Jadi Sumber Pemecah Belah Kehidupan Bernegara
Pandji Pragiwaksono: Berita Hoax Bentuk Peremehan Intelektual Pandji Pragiwaksono: Berita Hoax Bentuk Peremehan Intelektual
Lawan Berita Hoax, Menkominfo Temui Twitter Lawan Berita Hoax, Menkominfo Temui Twitter

#Jakarta #Masyarakat Anti Hoax #Berita Hoax #Gus Mus #generasi milenial #generasi muda

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar