Awas! Terlalu Kurus Bisa Picu Depresi

Ilustrasi diet. (Foto: Pixabay.com)

Arah - Memiliki tubuh ideal tentu merupakan impian banyak orang, khususnya kaum wanita. Diet dengan berbagai metode, olahraga rutin, hingga mengonsumsi obat pun rela dilakukan demi menurunkan berat badan.

Nah, meski rutinitas tersebut memang menyehatkan, namun Anda harus tetap waspada. Jangan sampai berat badan menyusut terlalu banyak, hingga tuuh menjadi terlalu kurus.

Para pakar mengatakan, tubuh yang terlalu kurus dapat memicu depresi. Kondisi ini dapat melanda wanita maupun pria. Mereka menemukan relasi langsung antara tubuh yang kurus dengan pikiran negatif yang berujung pada depresi.

Pakar dari Seoul National University of Medicine tersebut menyatakan, depresi ini sedikit berbeda dengan depresi yang dialami penyandang obesitas, yang kebanyakan dialami perempuan.

Baca Juga: Ibu Hamil.. Ayo Kurangi Bermain Ponsel!
Atasi Fobia Anak dengan Autisme Melalui Virtual Reality

"Keduanya, terlalu kurus atau terlal ugemuk dapat meningkatkan risiko depresi. Di dunia klinik praktis, para pemberi layanan kesehatan harus juga memberikan perhatian pada kesehatan mental pasien," ditulis dalam simpulan penelitian mereka.

Dr Agnes Ayton, wakil kepala fakultas gangguan makan di Royal College of Psychiatrists sepert dilansir Mirror mengatakan, "Banyaknya studi yang menyebutkan hal ini menguatkan argumen, bahwa nutrisi yang optimal adalah kebutuhan yang mendasar untuk kesehatan fisik dan mental."

Ia menegaskan, bahwa terlalu kurus atau terlalu gemuk yang disebabkan oleh malnutrisi, pada akhirnya akan berpengaruh pada suasana hati dan kondisi mental seseorang. Merupakan hal penting untuk selalu menjaga berat badan tetap ideal.

Video trending pilihan redaksi

Berita Terkait

Sering Mimpi Buruk? Ini Proses Terjadinya Mimpi Menurut Ilmuwan Sering Mimpi Buruk? Ini Proses Terjadinya Mimpi Menurut Ilmuwan
Yuk Intip, Variasi Makanan Sehat untuk Sang Buah Hati Yuk Intip, Variasi Makanan Sehat untuk Sang Buah Hati
Usir Kantuk Akibat Jet Lag, Coba Metode Pakai Obat Tetes Mata Usir Kantuk Akibat Jet Lag, Coba Metode Pakai Obat Tetes Mata

#Jakarta #program diet #kesehatan tubuh #Makanan Sehat

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar