Tuntutan Ahok Dinilai Ringan, Pimpinan MUI Bakal Gelar Pertemuan

Terdakwa kasus dugaan penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta, Kamis (20/4). Sidang tersebut beragendakan pembacaan tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum. (Foto: Antara/ Muhammad Adimaja)

Arah - Sidang tuntutan penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menimbulkan banyak rasa kecewa dari berbagai kelompok masyarakat. Lantaran Jaksa Penuntut Umum (JPU) meminta Majelis Hakim untuk mempidanakan Ahok selama satu tahun pidana dan dua tahun massa percobaan.

Wakil Sekertaris Jenderal (Wasekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Muhammad Zaitun mengatakan akan menindak lanjuti tuntutan JPU kepada terdakwa penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama.

"MUI akan menindak lanjuti tuntutan JPU, nanti pada Selasa 25 April 2017 mendatang akan merapatkan hasil tuntutan tersebut," kata Zaitun saat dihubungi Arah.com di Jakarta, Jumat (21/4).

Baca Juga: Minta Sekjen FUI Dibebaskan, Ini Jawaban Polisi
Ini Pesan PP Pemuda Muhammadiyah Pasca Pilkada DKI

Zaitun menerangkan belum bisa mengambil langkah secara pribadi mengenai hasil tuntutan JPU di persidangan terdakwa penodaan agama yang di gelar oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Lankah MUI akan secara resmi menindak lanjuti tuntutan tersebut setelah mengadakan rapat pimpinan MUI pada Selasa 25 April 2017 mendatang. "Ada tanggapan secara resmi setelah diadakan rapat bersama pimpinan MUI," jelasnya.

Dapat diketahui, MUI merupakan salah satu lembaga yang bertindak tegas terhadap kasus penodaan agama terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), karena pada 11 Oktober 2016 MUI lalu, MUI mengeluarkan fatwa penodaan agama terhadap Ahok yang diduga menista ulama dan agama Islam dengan mengutip surat Al-Maidah ayat 51. (Muhamad Ridwan)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Ahok Siap Dengarkan Tuntutan Jaksa Penuntut Umum Ahok Siap Dengarkan Tuntutan Jaksa Penuntut Umum
Ini Penjelasan Ahli Bahasa Soal Kata 'Bohong' yang Diucapkan Ahok Ini Penjelasan Ahli Bahasa Soal Kata 'Bohong' yang Diucapkan Ahok
Sidang Tuntutan Ahok, Jaksa: Jangan Ada Intimidasi Putusan Hakim Sidang Tuntutan Ahok, Jaksa: Jangan Ada Intimidasi Putusan Hakim

#Jakarta #Sidang Ahok #Sidang Tuntutan #Penistaan Agama #Pengadilan Negeri Jakarta Utara #Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) #Majelis Ulama Indonesia (MUI)

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar