Kisah Miris Abah Tarsa, Hidup di ‘Kandang Ayam’ Ditemani Kucing

Gubuk Abah Tarsa. (Foto: Arah.com/ Haryanto)

Arah - Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi berkunjung ke kediaman kakek bernama Abah Tarsa (82), di Antapani, Bandung. Abah Tarsa diketahui hidup sebatang kara di gubuk yang tidak layak huni. Bahkan, tempat tinggalnya terlihat seperti kandang ayam.

Diketahui, Abah Tarsa sudah tinggal di gubuk selama dua tahun. "Abah sudah empat kali kawin, sehari-hari pemulung, berkebun, dan menggembala. Ada kucing dua yang biasa menemani Abah," katanya di hadapan Dedi, Jumat (21/4).

Abah yang mengidap penyakit aneh dengan kelainan kondisi tulang leher sejak tahun 1980an ini, bercerita mengenai kehidupan kesehariannya yang sangat sederhana.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, Abah Tarsa memanfaatkan kebun singkong yang ditanaminya di depan gubuknya.

"Kalo hasil memulung ada lebihnya, dibeliin makanan yang enak, bertiga sama kucing da kasian," ucap Abah.

Baca Juga: Sakit TBC Kelenjar, Fitri Tropica Tunda Punya Anak
Bergaya Unik, Claudia Adinda Rela Beli Barang Jadul Harga Mahal

Setelah mendengar cerita dari Abah Tarsa, Dedi berinisiatif membantu kehidupannya agar bisa lebih baik. Namun, bantuan dari Bupati Purwakarta itu ditolak.

"Tidak mau ah, sudah nikmat seperti ini juga, Abah mah sudah bahagia. Ada kambing, ayam, dan kucing milik Abah mau dikemanakan, ini kebun nanti siapa yang ngurus," tuturnya.

Meski begitu, Dedi tetap ingin membantu agar kehidupan Abah Tarsa bisa hidup lebih layak, termasuk memberikan sejumlah uang untuk keperluan hidup beberapa hari kedepan.

"Abah ini hidup di jaman 40an, dulu dia terbiasa dengan suasana pedesaan yang akses ke kebun dan bertenak mudah. Ketika saya ajak untuk pindah, dia tidak mau bahkan langsung menolak, sehingga saya inisiatif menghubungi pemilik tanah agar bisa disewa dan dibangunkan bangunan layak untuk dirinya tinggal," ungkap Dedi. (Haryanto)

Video trending pilihan redaksi:

Berita Terkait

Patrialis Akbar Terjaring OTT KPK? Ini Tanggapan MK Patrialis Akbar Terjaring OTT KPK? Ini Tanggapan MK
Akses Tol Dibatasi, Aspal Jembatan Ciganea Rusak Akses Tol Dibatasi, Aspal Jembatan Ciganea Rusak
Rizieq Dilabeli Status Tersangka, Polri: Tinggal Nunggu Waktu! Rizieq Dilabeli Status Tersangka, Polri: Tinggal Nunggu Waktu!

#Jakarta #kisah menyentuh #Bupati Purwakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar