Sebar SARA Tentang Nabi Muhammad, Polisi Amankan Seorang Pelaku

Ilustrasi Media Siber

Arah - Badan Reserse Kriminal Polri melalui tim Siber Reserse Kriminal terus melakukan pelacakan terhadap sejumlah akun media sosial yang tergolong melakukan ujaran kebencian yang menyinggung suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA).

Terhadap mereka, Polri akan melakukan penindakan sesuai ketentuan hukum yang berlaku, sebagai dasar dan upaya penegakkan etika dalam beraktifitas di dunia maya.

Sebelumnya, melalui siaran pers yang Arah.com, Direktorat Tindak Pidana Siber Reserse Kriminal Polri menangkap terduga pelaku hatespeech sosial media atas nama Natalius Telaumbanua di Silima Banua RT 03 RW 05, Kelurahan Silima Banua, Kecamatan Tuhemberua, Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara pada Kamis (20/4) lalu pada pukul 20.00 WIB.

Baca Juga: Viral! Dua Orang Indonesia Ini Bikin Heboh Seisi Kereta Di Eropa
Terawang Kalender China MotoGP 2017, Marquez 'Out Of Control'

Natalius menggunakan akun facebook bernama Hendri Agustinus Telaumbanua yang sudah tidak digunakan sejak bulan Februari 2017, untuk memposting konten ujaran kebencian menjelek-jelekkan Nabi Muhammad SAW di grup Facebook 'Debat Islam vs Kristen Mencari Kebenaran'.

Proses penangkapan tersebut terjadi di rumah Natalius, dengan dipimpin Kompol Himawan. Polisi berhasil menyita barang bukti berupa satu buah HP merk Advan S4T. Selanjutnya, tersangka dibawa ke Bareskrim untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut.

Selanjutnya, Natalius disangkakan pasal 28 ayat 2 UU ITE terkait penyebaran kebencian berbasis SARA di dunia maya. (May Rahmadi)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Dituding Keliru Oleh Sylviana Murni, Ini Balasan Polri Dituding Keliru Oleh Sylviana Murni, Ini Balasan Polri
Terkait Dana Bansos, Mpok Sylvi Penuhi Panggilan Bareskrim Polri Terkait Dana Bansos, Mpok Sylvi Penuhi Panggilan Bareskrim Polri
Penuhi Panggilan Bareskrim, Ini Penjelasan Bachtiar Nasir Penuhi Panggilan Bareskrim, Ini Penjelasan Bachtiar Nasir

#Jakarta #SARA #Facebook #Undang Undang ITE #Mabes Polri #Bareskrim Polri

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar