Fakta Seputar Grammy Awards

Penghargaan Grammy Awards (Prayitno/Foter.com)

Arah -  Perhelatan Grammy Awards ke-57 penganugerahan musik ini akan digelar di Staples Center, Los Angeles, California, AS. Ada belasan fakta menarik tentang ajang Grammy Awards dari laman USA Today. Mungkin fakta yang ada belum anda ketahui. Berikut fakta seputar Grammy Awards

1. Acara Grammy Awards perdana digelar perdana pada 4 Mei 1959 di Beverly Hilton, Los Angeles, dengan memilah pemenang berdasarkan 28 kategori. Kala itu, lagu legendaris Volare atau Nel Blu Dipinto di Blu milik penyanyi Italia Domenico Modugno memenangkan record dan song of the year.


2. Karpet merah di acara Grammy terbentang sepanjang 152 meter dengan lebar 24 meter. Setiap perhelatan, sedikitnya tujuh ribu orang melintasi karpet merah, dari kalangan pesohor sampai pelaku industri musik.

3. Sekitar 900 nominator siap bertarung di arena Grammy Awards ke-57 tahun ini. Beyoncé dan Sam Smith masing-masing meraih enam nominasi. Penyanyi asal AS dan Inggris ini antara lain memperebutkan piala gramofon untuk kategori album of the year.

4. Jika ingin berpeluang meraih penghargaan ini, libatkan saja Quincy Jones dan Alison Krauss dalam album Anda. Keduanya adalah produser "langganan" Grammy yang masing-masing pernah meraih 27 piala gramofon. Namun yang paling banyak meraih penghargaan ini adalah Sir George Solti dengan koleksi 31 piala!

5. Panitia The Recording Academy menerima lebih dari 20.000 rekaman yang harus diseleksi untuk menjadi peraih nominasi Grammy Awards ke-57. Jumlah tersebut lantas disusutkan lagi menjadi sekitar 900 nama nominator yang memperebutkan kurang dari 30 kategori.

6. Michael Jackson dan Santana sama-sama pernah memborong Grammy Awards terbanyak sepanjang sejarah. Sama-sama meraih delapan piala gramofon, Jackson pada 1984 dan Santana pada 2000. Ketika itu, keduanya tampak kewalahan menimang ke-delapan piala dengan dua tangan.


7. Grammy Award memang istimewa. Piala seberat lebih dari dua kilogram ini dibuat dari metal khusus yang disebut grammium. Hingga kini, panitia The Recording Academy tak kunjung membocorkan asal mula dan material yang terkandung dalam grammium.

8. Ternyata, di dunia ini, hanya ada dua master pembikin piala Grammy. Sang seniman langka tak lain Bob Graves dan John Billings. Keduanya masing-masing memproduksi piala Grammy pada era 1958-1984 dan 1985–sekarang.

9. Penghargaan diberikan kepada seniman musik berprestasi, tak peduli berapa pun usianya. Peraih Grammy Award tertua yaitu Pinetop Perkins di usia 97 tahun, dan yang termuda yaitu LeAnn Rimes di usia 14 tahun. Taylor Swift jadi peraih Album of the Year termuda, 20 tahun.

10. Grammy Awards bukan hanya didominasi kalangan pemusik dan pelaku industri musik atau hiburan. Piala gramofon ini juga dipersembahkan kepada pimpinan tertinggi Negeri Adi Daya. Tiga presiden AS yang pernah menerima Grammy Awards yaitu Jimmy Carter, Bill Clinton dan Barack Obama.

Berita Terkait

Peraih Grammy Termuda Sepanjang Sejarah Peraih Grammy Termuda Sepanjang Sejarah
Resmi! Band Rock Foo Fighters Bantah akan Bubar Resmi! Band Rock Foo Fighters Bantah akan Bubar
Raih 3 Penghargaan Grammy, Taylor Swift Sindir Kanye West Raih 3 Penghargaan Grammy, Taylor Swift Sindir Kanye West

#Penghargaan Musik #Grammy Awards #Grammy Award

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar