Bupati Tasikmalaya: Rumah Panggung Aman dari Gempa

Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum (tengah) meninjau rumah yang rusak pasca gempa berkekuatan 5,4 SR di Kampung Kawitan, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (25/4). Pemerintah daerah berharap masyarakat yang tinggal di zona merah atau di daerah rawan becana bisa membangun rumah panggung untuk mengantisipasi dampak bencana alam yang terjadi. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/ama/17

Arah - Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum menyatakan, rumah panggung merupakan bangunan yang aman dari terjangan bencana alam gempa bumi.

Terbukti saat gempa berkekuatan 5.4 skala richter yang terjadi di Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (24/4) tidak merusak rumah panggung.

"Rumah panggung aman dari guncangan gempa," kata Uu kepada Antara di Tasikmalaya, Rabu (26/4).

Baca Juga: Ngakak, Ini Sederet Kalimat Kocak di Karangan Bunga untuk Ahok
Netizen Ngamuk Karena Indomie Tak Lagi 'Terlezat'

Ia menuturkan, sejumlah daerah di Kabupaten Tasikmalaya terdapat kawasan rawan bencana alam dan rawan terdampak dari bencana seperti gempa bumi.

Ia menyebutkan daerah rawan bencana gempa bumi dan pergerakan tanah yakni Kecamatan Salawu, Cigalontang, Sodonghilir, Bojonggambir, dan Cisayong.

"Bencana seperti di Salawu sering terjadi, makanya perlu upaya mengantisipasinya," kata Uu.

Menurut dia, kondisi Tasikmalaya yang rawan bencana itu perlu diantisipasi oleh pemerintah maupun warganya dengan membangun rumah panggung.

"Rumah panggung ini salah satu upaya untuk meminimalisir kerusakan bangunan, bahkan korban ketika terjadi bencana alam," katanya.

Ia menyampaikan, pemerintah daerah akan berupaya mengatasi warga yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Tasikmalaya.

Dalam upaya mengatasi hal ini, pemerintah akan terlebih dahulu melihat kondisi tanah di daerah yang terdampak gempa bumi tersebut. Jika tidak layak dibangun rumah, maka akan direlokasi.

"Apakah masih layak dihuni kembali atau tidak, jika tidak akan meminta untuk direlokasi," katanya.

Video trending pilihan redaksi

Berita Terkait

KontraS Sebut Pilkada Momentum Menyulap Figur Politik Lokal KontraS Sebut Pilkada Momentum Menyulap Figur Politik Lokal
Polri Dianggap Bisa Kewalahan Jika Rizieq Dikriminalisasi Polri Dianggap Bisa Kewalahan Jika Rizieq Dikriminalisasi
Wantim MUI Gelar Rapat Pleno, Jokowi Batal Hadir Wantim MUI Gelar Rapat Pleno, Jokowi Batal Hadir

#Jakarta #Tasikmalaya #Korban Gempa #rumah panggung

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar