Gempa 7,3 SR Guncang Filipina, Tak Sebabkan Tsunami di Indonesia

Alat pencatat kekuatan gempa, seismograf. (Foto: isnblog.ch)

Arah -  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui laman resminya menyebutkan telah terjadi gempa bumi berkekuatan 7,3 Skala Richter (SR) di sekitar Mindanao, Filipina, atau 210 kilometer sebelah Barat Laut Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.

Berdasarkan informasi yang dikeluarkan BMKG, gempa tersebut terjadi pada Sabtu 29 April 2017 pukul 03:23 WIB di Mindanao, tepatnya di 5,45 derajat Lintang Utara dan 125 derajat Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer.

Pusat gempa tersebut tercatat berjarak 246 kilometer sebelah Barat Laut Kepulauan Talaud (Sulut) atau 2.397 kilometer arah timur laut dari Jakarta.

BMKG juga menyatakan bahwa peringatan dini tsunami akibat gempa berkekuatan 7,3 SR di pulau terbesar kedua di Filipina tersebut telah berakhir pada pukul 05.07 WIB.

Baca Juga: Menarik, Ini Bentuk Penghinaan Tuhan Versi Sujiwo Tejo
Ahok Optimis Simpang Susun Semanggi Rampung Pertengahan Tahun Ini

"Tidak ada dampak tsunami ke wilayah Indonesia," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho melalui pesan singkat kepada Antara di Jakarta, Sabtu (29/4).

"Pemantauan dan kewaspadaan terus dilakukan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah)," lanjutnya.

Sutopo menyebutkan, berdasarkan laporan dari BPBD, gempa dirasakan lemah di Sulawesi Utara (Manado dan Sangihe) dan Maluku Utara.

Berdasarkan analisis peta gempa dirasakan (shake map) dari Indonesia All Warning and Risk Evaluation (InAWARE) BNPB, gempa merusak diperkirakan hanya terjadi di sekitar Mindanao seperti wilayah di Glan, General Santos, Klamba, Palimbang, Koronadal, Kelamansi, Digos dan lainnya.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

BMKG Bikin Aplikasi Pemantau Cuaca untuk Mudik Lebaran BMKG Bikin Aplikasi Pemantau Cuaca untuk Mudik Lebaran
Sejak Jumat, Delapan Kali Gempa Guncang Deliserdang Sejak Jumat, Delapan Kali Gempa Guncang Deliserdang
Gempa Berkekuatan 5,2 SR Guncang Jayapura Gempa Berkekuatan 5,2 SR Guncang Jayapura

#Jakarta #Gempa Bumi #Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) #BMKG #Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) #Filipina

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar