Kanvaskan Klitschko, Anthony Joshua Bakal Setenar Muhammad Ali

Petinju Asal Inggris, Anthony Joshua usai mengkanvaskan Wladimir Klitschko di Ronde 11. (Foto: Reuters / Andrew Couldridge)

Arah - Anthony Joshua dipuji sebagai "bintang terbesar dalam olahraga Inggris dan dunia tinju" setelah menjatuhkan Wladimir Klitschko di ronde 11 untuk gelar kelas juara dunia kelas berat.

Dikutip Reuters, Promotor Eddie Hearn membayangkan petinju karismatik berusia 23 tahun yang menyatukan gelar IBF, WBA dan IBO itu di depan kerumunan 90 ribu penonton, seperti idolanya, Muhammad Ali.

Layaknya Ali yang memenangkan "Rumble in the Jungle" bersama George Foreman di Zaire dan "Thrilla in Manila" melawan Joe Frazier, Hearn memiliki rencana agar Joshua dapat "menerangi" tempat-tempat baru di China, Timur Tengah dan Afrika.

"Dalam hal bintang di seluruh dunia, saya mengatakan 'anda memenangkan pertarungan ini, anda akan menjadi bintang terbesar dalam olahraga Inggris dan bintang terbesar di dunia tinju'," kata Hearn.

Joshua yang merupakan juara kelas berat super Olimpiade 2012, sekali lagi membuat pertunjukan bagus bagi televisi, dengan menunjukkan keberanian untuk mengumpulkan sisa tenaganya untuk pulih saat terjatuh di ronde keenam yang merupakan pertama kalinya dia mencium kanvas dalam karir profesionalnya.

Joshua pun diyakini bakal melakoni duel untuk mempertahankan gelar dengan tampil di seluruh dunia. "Rencananya, bukan hanya terus berjalan di Inggris, namun untuk mengeksplorasi dan mematahkan pasar dan batasan baru," ujar Hearn.

Baca Juga: Polri Imbau Massa Buruh Tertib pada Aksi May Day
Kasus Novel Baswedan, Polisi Masih Tutup Rapat Identitas Pelaku

"Seperti Timur Tengah, Cina - saya bisa melihat dia berkelahi di Stadion Sarang Burung - dan Afrika. Saya ingin pergi ke seluruh dunia bersamanya. Ali adalah salah satu inspirasi Joshua, dia tahu semua yang dia lakukan," tuturnya.

Dunia tinju Inggris jarang melihat malam seperti ini, bahkan sang 'Terminator', Arnold Schwarzenegger, menyaksikan sendiri pertarungan itu di sisi ring, "Ini adalah salah satu perkelahian paling mengasyikkan yang pernah saya lihat," kata Arnold dalam cuitan Twitternya.

Bahkan Klitschko yang mengatakan bahwa dia akan berpikir untuk memutuskan apakah akan melanjutkan tinju di usia 41, memuji pertarungan ini. "Ini adalah malam yang indah untuk tinju dan para penggemar. Anda mungkin akan terkejut dengan pernyataan saya, tapi saya tidak merasa seperti saya tersesat. Malam ini, kita semua menang," kata dia.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Dulu Pria Muslim Adalah Mantan Juara Dunia Tinju, Sekarang.... Dulu Pria Muslim Adalah Mantan Juara Dunia Tinju, Sekarang....
Ini Curahan Hati Pedagang, Korban Kebakaran Pasar Senen Ini Curahan Hati Pedagang, Korban Kebakaran Pasar Senen
16 WNI yang Ditangkap Densus 88 Sempat Dideportasi Otoritas Turki 16 WNI yang Ditangkap Densus 88 Sempat Dideportasi Otoritas Turki

#Jakarta #Tinju Dunia #Petinju Dunia #Juara Dunia #Anthony Joshua

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar