Bangunan Liar di Kampung Akuarium akan Ditertibkan Lagi

Warga kampung Akuarium harus rela merayakan Hari Raya Idulfitri 1437 H di tenda darurat dan diatas puing-puing sisa penggusuran. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc/16.)

Arah - Banyaknya bangunan liar yang berdiri lagi di Pasar Ikan dan Kampung Akuarium, akan segera ditertibkan kembali oleh Walikota Jakarta Utara, Wahyu Hariadi bersama Satpol PP. Pasca kekalahan pasangan petahana Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat pada Pilkada silam, sejumlah bangunan memang tampak berdiri lagi di tempat yang sudah rata dengan tanah tersebut.

Hal itu dikatakan sekretaris daerah (Sekda) Saefullah usai mengikuti rapat pimpinan provinsi DKI Jakarta. Penertiban itu dipastikan akan berlangsung pekan ini.

"Minggu ini mau dirapikan, kita tertibkan lagi. Satpol PP yang melakukan itu bersama walikota," kata Saefullah di Balai Kota Jakarta, Selasa (2/5).

Baca Juga: Ditanya Pilpres 2019, Begini Jawaban Jusuf Kalla
Pekan Ini, TransJakarta Uji Coba Koridor 13 Cildeug-Tendean

Berdasarkan laporan yang diterima Saefullah, terdapat 300 warga dari kawasan Pasar Ikan dan Kampung Akuarium yang sudah dipindahkan ke rumah susun (rusun) Marunda, Rawa Bebek dan Cipinang.

Namun ia tidak dapat memastikan, apakah warga yang mendirikan bangunan liar itu adalah warga yang sudah dipindahkan ke rusun atau pendatang baru.

"Belum tentu (warga yang sudah dipindah ke rusun), makanya mereka KTP-nya di mana? Apa betul gak punya rumah? Kalau gak punya rumah akan kita fasilitasi di rusun. Itu kan harusnya (Pasar Ikan dan Akuarium) udah bebas gitu loh, mereka harusnya bergeser dari situ," jelasnya.

Ketiga rusun tersebut ditegaskannya hanya untuk warga DKI yang tidak memiliki tempat tinggal. Warga harus memiliki KTP DKI, karena dikhawatirkan mereka yang bukan ber-KTP DKI sudah memiliki tempat tinggal.

"Ya harus KTP DKI, kan syarat tinggal di rusun. Rusun ini kan betul-betul untuk warga DKI yang gak punya rumah tinggal. Supaya berkeadilan," pungkasnya. (Shemi)

Video trending pilihan redaksi

Berita Terkait

Rizieq Minta BIN Berhenti Memata-matai Ulama Rizieq Minta BIN Berhenti Memata-matai Ulama
Usut Suap Reklamasi, KPK akan Panggil Plt Gubernur DKI Jakarta Usut Suap Reklamasi, KPK akan Panggil Plt Gubernur DKI Jakarta
Sylvi Diperiksa Bareskrim, #SuperSylvi Curi Perhatian Netizen Sylvi Diperiksa Bareskrim, #SuperSylvi Curi Perhatian Netizen

#Jakarta #Warga Kampung Akuarium #Penggusuran Pasar Ikan #penertiban bangunan liar

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar