Ahok Gusur Kampung Akuarium, Anies Janji Beri Warga Keadilan

Anies Baswedan di Pasar Burung Pramuka, Cempaka Putih, Jakarta Timur, Selasa (2/5). (Foto: Arah.com/ Restu)

Arah - Sejumlah bangunan semi permanen kembali berdiri di lahan penggusuran Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara. Warga berdalih kursi Gubernur DKI Jakarta tidak lagi dipegang gubernur. Pemprov DKI pun berencana akan menggusur kembali hunian semi permanen warga Kampung Akuarium.

Menanggapi hal tersebut gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Rasyid Baswedan meminta Pemerintah Provinsi tak mengambil kebijakan strategis di masa transisi kepimpinan Gubernur DKI Jakarta selama lima bulan kedepan.

"Saya berharap agar kebijakan pembangunan apalagi di bulan-bulan terakhir ini mempertimbangkan faktor faktor potensi transisi," ujar Anies Baswedan di Pasar Burung Pramuka, Cempaka Putih, Jakarta Timur, Selasa (2/5/2017).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu pada saat masa kampanye sempat menyambangi warga di Kampung Akuarium. Dalam kampanyenya Anies mengaku melihat ketidakadilan di Jakarta secara gamblang saat mengunjungi kawasan pemukiman Kampung Akuarium.

Anies berjanji akan mengembalikan keadilan bagi warga kampung Akuarium. Saat disinggung soal penataan wilayah Kampung Akuarium, Anies akan menjelaskan lebih detailnya saat resmi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Nanti ini semua kita pelajari lagi lebih detailnya," katanya.

Baca Juga: Sadis! Ini Sindiran Telak Ahok untuk Anies Terkait Penggusuran
Karangan Bunga Dibakar, Ahok: Padahal Itu Rezeki Pasukan Oranye

Seperti diberitakan sebelumnya, bangunan liar yang berdiri di Pasar Ikan dan Kampung Akuarium akan segera ditertibkan kembali oleh Pemprov DKI bersama Satpol PP pasca kekalahan pasangan petahana Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat pada Pilkada DKI Jakarta 2017.

Sekretaris Daerah (Sekda) Saefullah mengikuti rapat pimpinan provinsi DKI Jakarta. Penertiban itu dipastikan akan berlangsung pekan ini

"Minggu ini mau dirapikan, kita tertibkan lagi. Satpol PP yang melakukan itu bersama walikota," kata Saefullah di Balai Kota Jakarta, Selasa (2/5).

Berdasarkan laporan yang diterima Saefullah, terdapat 300 warga dari kawasan Pasar Ikan dan Kampung Akuarium yang sudah dipindahkan ke rumah susun (rusun) Marunda, Rawa Bebek dan Cipinang.

Namun ia tidak dapat memastikan, apakah warga yang mendirikan bangunan liar itu adalah warga yang sudah dipindahkan ke rusun atau pendatang baru.

"Belum tentu (warga yang sudah dipindah ke rusun), makanya mereka KTP-nya di mana? Apa betul gak punya rumah? Kalau gak punya rumah akan kita fasilitasi di rusun. Itu kan harusnya (Pasar Ikan dan Akuarium) udah bebas gitu loh, mereka harusnya bergeser dari situ," pungkasnya. (Restu)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Sadis! Ini Sindiran Telak Ahok untuk Anies Terkait Penggusuran Sadis! Ini Sindiran Telak Ahok untuk Anies Terkait Penggusuran
Anies Buat Tim Transisi, Ahok: Kamu Belum Gubernur Kok! Anies Buat Tim Transisi, Ahok: Kamu Belum Gubernur Kok!
Ahok Jabat Gubernur Lagi, Anies Kirimkan Pesan Ahok Jabat Gubernur Lagi, Anies Kirimkan Pesan

#Jakarta #Gubernur DKI Jakarta #Anies Baswedan #Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) #Penggusuran #Warga Kampung Akuarium #jakarta utara

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar