Ismail Haniyah Terpilih Sebagai Pemimpin Hamas

Pemimpin senior Hamas Ismail Haniyah memberi isyarat sebelum menyampaikan pidato perpisahan untuk posisi terdahulunya sebagai Perdana Menteri pemerintah Hamas, di Kota Gaza pada 2 Juni 2014. (REUTERS/Suhaib Salem)

Arah - Kelompok Pergerakan Palestina, Hamas, memilih Ismail Haniyah sebagai pemimpin baru mereka, Sabtu (6/5/2017). Haniyah juga akan menggantikan Khaled Meshaal yang berkantor di Qatar.

Seperti dilansir dari Reuters, Hamas mempertahankan kelompok sayap bersenjata mereka yang cukup besar di Jalur Gaza dibanding Fatah yang berbasis di Tepi Barat.

"Dewan Syura Hamas pada Sabtu, telah memilih Ismail Haniyah sebagai kepala dari biro politik pergerakan," kata situs resmi Hamas.

Baca Juga: Surya Paloh Ajak Ulama Pertahankan Pancasila
Ikut Campur Urusan Privasi, Pengamat Kritik Anies-Sandi

Haniyah merupakan aktivis yang lahir di Gaza. Ia menjabat sebagai Perdana Menteri Palestina setelah Hamas memenangkan pemilihan parlemen 2006. Ia mengklaim gelar tersebut, meskipun ditolak oleh Presiden Palestina Mahmoud Abbas pemimpin Fatah yang didukung Barat, .

Seorang pejabat senior Fatah, Azzam Al-Ahmed, yang memberikan ucapan selamat kepadanya menyatakan, Ia berharap Haniyah dapat melakukan upaya untuk mengakhiri perpecahan Palestina.

Analis politik yang berbasis di Gaza, Hani Habib, mengatakan bahwa dia tidak melihat adanya pergeseran paradigma dalam politik internal Palestina di bawah kepemimpinan baru.

Haniyeh, menurutnya, akan lebih fleksibel dalam aspek yang berbeda, mungkin yang paling utama adalah rekonsiliasi.

Berita Terkait

SBY Ngetwitt Soal Berita Hoax, Ini Tanggapan Timses Agus-Sylvi SBY Ngetwitt Soal Berita Hoax, Ini Tanggapan Timses Agus-Sylvi
Utusan Presiden Trump Bertemu Netanyahu Bahas Palestina Utusan Presiden Trump Bertemu Netanyahu Bahas Palestina
Israel Bangun Permukiman di Palestina, Sekjen PBB: Tak Sah! Israel Bangun Permukiman di Palestina, Sekjen PBB: Tak Sah!

#Jakarta #Konflik Palestina-Israel #kemerdekaan palestina #Hamas-Fatah

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar