Ganjar Puji Pendidikan Pesantren yang Penuh Budi Pekerti

Ganjar Pranowo (foto/instagram)

Arah - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menegaskan pondok pesantren banyak mengajarkan budi pekerti yang agung sesuai dengan ajaran agama yang menjadi pokok pendidikan di Ponpes.

"Pesantren bukan sumber radikalisme, ajaran agama yang diajarkan di pesantren itu akhlakul karimah dan sangat menjunjung toleransi," kata Ganjar saat kegiatan Sarasehan Ulama dan Santri Ponpes sewilayah eks-Karesidenan Pekalongan di Ponpes Al Hikmah 2 Benda, Kecamatan Sirampog, Brebes, Senin.

Ia mengatakan pesantren bukanlah sumber dari faham radikalisme tetapi pesantren merupakan lembaga pendidikan yang mengajarkan budi pekerti dan ilmu agama yang sarat dengan ajaran yang ramah.

"Saya tadi melihat sendiri bagaimana budi pekerti itu diajarkan di pesantren, ketika ada santri yang menyampaikan izin pada kiai disampaikan dengan sangat santun," katanya.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Optimis Magelang Jadi Satelit Pariwisata
Konflik Keraton Surakarta, Ganjar Pranowo: Ini Berdampak Negatif!

Kendati demikian, Ganjar mengingatkan pada pengasuh ponpes maupun masyarakat untuk tetap waspada, untuk menangkal radikalisme atau ekstremisme, baik ekstrem kanan maupun kiri.

"Ekstrem kiri seperti komunisme juga harus diwaspadai karena sangat membahayakan bagi keutuhan kehidupan berbangsa dan bernegara ini," katanya.

Pengasuh Ponpes Al Hikmah 2 Benda K.H. Solahudin Masruri mengatakan pesantren yang menjadikan ajaran agama sebagai dasar pendidikan selalu mengajarkan sikap yang santun pada para santrinya.

Pendidikan Islam yang diajarkan di pesantren, kata dia, memerintahkan santrinya untuk selalu menghargai orang lain.

"Islam memerintahkan untuk menghormati orang lain, melarang menyakiti, dan bahkan juga mengajarkan untuk memuliakan tamu siapapun tamunya," katanya. seperti dikutip dari antara

Video Trending Pilihan Redaksi

Berita Terkait

Konflik Keraton Surakarta, Ganjar Pranowo: Ini Berdampak Negatif! Konflik Keraton Surakarta, Ganjar Pranowo: Ini Berdampak Negatif!
Ganjar Pranowo Optimis Magelang Jadi Satelit Pariwisata Ganjar Pranowo Optimis Magelang Jadi Satelit Pariwisata
Dilaporkan Henry Yosodiningrat, Rizieq: Wallahualam, Kita Hadapi! Dilaporkan Henry Yosodiningrat, Rizieq: Wallahualam, Kita Hadapi!

#Jakarta #gubernur jawa tengah #Ganjar Pranowo #Pondok Pesantren #Dunia Pendidikan

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar