Ini Kecanggihan Qualcomm Snapdragon 660 dan 630

Qualcomm Snapdragon 660 dan 630 (Arnnet)

Arah -  Perusahaan teknologi Qualcomm Technologies merilis dua platform mobile terbaru yaitu, Qualcomm Snapdragon 660 dan 630.

Ya, keduanya dirancang dengan kemampuan menunjang fotografi, pengalaman bermain game, konektivitas yang terintegrasi, dan teknologi machine learning yang mampu menyeimbangkan antar kinerja, biaya dan tenaga.

"Peluncuran dua platform mobile ini yang memiliki fitur-fitur unggulan, seperti kualitas gambar lebih baik, LTE yang cepat, dan tanpa mengorbankan kinerja dan kualitas," kata Kedar Kondap, Wakil Presiden, Manajemen Produk, Qualcomm Technologies Inc, di Singapura, Selasa (9/5).

Snapdragon 660 dan 630 telah dibekali dengan system-on-chip yang memiliki fungsi baseband, sekaligus komponen piranti lunak dan keras, termasuk RF front end, Wi-Fi terintegrasi, pengelolaan daya, codec audio, dan amplifier suara, sehingga mampu mendukung solusi mobile yang komperhensif.

Hasilnya banyak konsumen yang akan merasakan manfaat peningkatan kualitas kamera, audio, pemrosesan visual, konektivitas, peningkatan kinerja CPU dan GPU, pengisian baterai cepat, keamanan, serta machine learning yang lebih baik.

Adapun tujuh kategori fitur yang menjadi fokus Snapdragon 660 dan 630 antara lain kamera, di mana fitur premium ISP Qualcomm SpectraTM 160 mampu meningkatkan kualitas gambar fotografi dengan menampilkan warna kulit yang lebih alami, pengambilan gambar yang jauh lebih baik pada kondisi rendah cahaya, serta efisiensi tenaga yang lebih baik dan throughput yang lebih tinggi untuk ponsel pintar dengan kamera ganda.

"Beberapa fitur seperti optical zoom yang mulus, efek bokeh, dual pixel autofocus, dan stabilisasi perekaman video juga didukung keduanya," papar Kondap.

Baca Juga: Ahok Divonis 2 Tahun Penjara, Netizen Bikin Gaduh Twitter
Ponsel 'Raja' Ini Diklaim Bisa Bertahan Hingga 15 Hari

Untuk pemrosesan Audio/Visual, di mana DSP Qualcomm HexagonTM 680 dengan fitur vector extensions (HVX) pada platform mobile Snapdragon 660 memungkinkan untuk melakukan pemrosesan gambar, komputasi, dan pekerjaan machine learning dengan performa tinggi namun hemat daya.

"Ini merupakan, salah satu fitur premium yang baru pertama kali hadir di seri 600. Optimalisasi piranti lunak juga mendukung TensorFlow dan Halide. Selain itu, kedua platform ini juga mendukung teknologi Qualcomm All- Ways AwareTM dengan dukungan untuk Google Awareness API," jelas Kondap, dikutip Antara.

Selanjutnya, fitur konektivitas, dimana kedua platform mobile ini dilengkapi dengan modem LTE Snapdragon X12 dan mengunakan transciever SDR660RF terbaru yang mendukung kecepatan downlink hingga 600 Mbps, yang diklaim sebagai inovasi terbaru pada jajaran SoC seri 600.

Kemudian, fitur CPU dan GPU yang lebih baik, yakni platform mobile Snapdragon 660 adalah penerus dari Snapdragon 652 yang memiliki 20 persen peningkatan pada CPU Qualcomm KryoTM 260 dan 30 persen peningkatan pada kinerja GPU Qualcomm AdrenoTM 512, memberikan pengalaman gaming dan multimedia yang lebih baik bagi pengguna.

Fitur kelima yaitu Quick ChargeTM 4, di mana platform mobile ini dilengkapi inovasi terbaru dari teknologi Quick Charge.

"Teknologi ini memberikan waktu bicara hingga 5 jam dalam waktu 5 menit, dan mampu mengisi daya baterai hingga 50 persen dalam waktu 15 menit, tambah Kondap.

Untuk fitur keamanan kedua platform tersebut mendukung Qualcomm Mobile Security yang memberikan fokus keamanan berbasis perlindungan piranti keras, otentikasi pengguna, dan validasi dalam perangkat mobile.

Terakhir, fitur machine learning, di mana pihak OEM dan developer juga dapat memberikan pengalaman pengguna yang imersif dan menarik dengan machine learning pada Snapdragon 660 dan 630 dengan menggunakan development kit Snapdragon Neural Processing Engine.

"Baik Snapdragon 660 maupun 630 memiliki arsitektur modem dan kamera yang sama, serta memiliki piranti lunak dan soket elektronik yang kompatibel, sehingga dapat memudahkan OEM untuk membuat, menguji, dan menyesuaikan perangkatnya," pungkas Kondap.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Donald Trump Suarakan Islam Radikal, Indonesia Tak Perlu Tersudut Donald Trump Suarakan Islam Radikal, Indonesia Tak Perlu Tersudut
Pilgub DKI Diikuti Agus-Sylvi dan Ahok-Djarot Saja, Siapa Unggul? Pilgub DKI Diikuti Agus-Sylvi dan Ahok-Djarot Saja, Siapa Unggul?
Siap Lawan 'Palu Arit' di Indonesia, Rizieq: Ini Perjuangan Saya! Siap Lawan 'Palu Arit' di Indonesia, Rizieq: Ini Perjuangan Saya!

#Jakarta #Qualcomm #Snapdragon 630 #Snapdragon 660

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar