Usai Pecat Direktur FBI, Trump Disebut Berkolusi dengan Rusia

Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Direktur FBI James Comey (foto/Reuters/Jim Lo Scalzo)

Arah - Presiden Amerika Serikat Donald Trump melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Rusia di kantornya, Rabu, waktu setempat. Pertemuan yang membahas tentang konflik Suriah itu juga bebrbau kontroversi setelah Trump memecat Diruektur FB, James Comey.

Pertemuan dengan Menlu Sergei Lavrov merupakan kontak terbuka pertama tingkat pejabat tertinggi Trump dengan pemerintahan Presiden Rusia Vladimir Putin sejak ia mulai menjabat sebagai presiden AS pada 20 Januari.

Seperti disebutkan, Trump memecat Comey yang tengah menyelidiki dugaan campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden AS pada 2016 serta kemungkinan kolusi Amerika dengan Rusia.

Baca Juga: Relawan Ahok Kembali Gelar Orasi di Mako Brimob, Ini Alasannya
Donald Trump Pecat Direktur FBI

Namun, Rusia telah membantah tudingan-tudingan itu. "Pertemuan kami dengan Bapak Lavrov berjalan dengan sangat, sangat baik," kata Trump kepada para wartawan usai pertemuan tersebut. "Kami ingin pembunuhan, pembunuhan mengerikan itu di Suriah dihentikan sesegera mungkin dan semua pihak sedang berupaya menghentikannya," ujar Trump.

Rusia mendukung Presiden Suriah Basar al-Assad dalam perang saudara di negara itu.

Trump, pada masa kampanye pemilihan, mengatakan ia menginginkan hubungan yang lebih dekat dengan Rusia namun ketegangan muncul setelah AS melancarkan serangan udara ke pangkalan udara Suriah pada April sebagai tindakan atas serangan senjata kimia yang dituding Washington dilakukan pihak Assad.

Sebelumnya pada Rabu, Lavrov melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson. Ketika keduanya berpose untuk pemotretan, Lavrov secara menyindir mengetahui pemecatan Comey. Ketika ditanya seorang wartawan apakah pemecatan itu membayangi pertemuannya, Lavrov menjawab dengan nada menyindir, "Lho, dia dipecat? Anda bergurau. Anda bergurau."

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

AS Tembakkan Rudal ke Suriah, Putin: Itu Pelanggaran Hukum! AS Tembakkan Rudal ke Suriah, Putin: Itu Pelanggaran Hukum!
Putin dan Trump Tegaskan Ingin Kerjasama Kalahkan ISIS Putin dan Trump Tegaskan Ingin Kerjasama Kalahkan ISIS
Teror Bom Terjang St Petersburg, 9 Orang Dilaporkan Tewas Teror Bom Terjang St Petersburg, 9 Orang Dilaporkan Tewas

#Jakarta #Presiden Amerika Serikat Donald Trump #Rusia #Vladimir Putin #Direktur FBI James Comey

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar