Ini Tantangan Tim Sinkronisasi Menurut Pengamat

Anies-Sandi menghadiri syukuran yang digelar Harry Tanoe (Foto Arah.com/Restu)

Arah - Meski Tim Sinkronisasi pasangan Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahuddin Uno sudah dibentuk, Peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro menyebut belum ada jaminan program-program yang dikampanyekan Anies-Sandi dapat terwujud.

"Gak ada jaminan. Beda dengan Tim Transisi," kata Zuhro dalam sambungan telepon dengan arah.com, Jumat (12/5/2017).

Meski demikian Zuhro menyarankan agar Tim Sinkronisasi Anies-Sandi belajar dari Tim Transisi. Salah satu yang harus dipelajari, tamba Zuhro adalah perbaikan birokasi pemerintahan.

"Jadi yang penting belajar dari Tim Transisi. Yang harus diperbaikin, satu itu adalah birokrasi Pemprov (pemerintah provinsi)," sebutnya.

Zuhro menjelaskan, birokrasi di Pemprov DKI ibarat mesin besar yang melaksanakan pembangunan, bahkan dari level pemerintahan bawah seperti Kelurahan.

"Nah gimana membuat jenjang-jenjang yang ada di Pemprov sampai kelurahan itu menjd satu integrated dalam hal public services," jelas Zuhro.

Baca Juga: Ini Ponsel Android Terlaris di Kuartal 1, Bukan Samsung & Xiaomi
Merinding, Ini Suara Lyodra yang Menang Ajang Internasional

Terlebih menurut Zuhro karakter pemerintah di DKI yang merupakan kota metropolitan harus mengupayakan sistem Smart City yang melayani masyarakat, tidak hanya di level pemerintah eksekutif namun juga hingga Kelurahan.

"Jadi smart city itu jangan cuma di pemprov saja. Jadi nuasana terasa sampai paling bawah. Itu yang harus diperbaiki. Kecamatan bisa diubah menjadi centra pelayanan publik," pungkasnya.

Melalui akun Instagram-nya, Anies mengatakan tim sinkronisasi itu akan bertugas menyusun referensi dan memasukkan program-program serta janji kerja Anies-Sandi ke dalam rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2018 serta Rencana Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2022. Tim itu dipimpin oleh mantan Menteri Energi dan Sumber Daya mineral Republik Indonesia, Sudirman Said.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Pengamat Sebut Tim Sinkronisasi Ada Karena Masalah Jakarta Banyak Pengamat Sebut Tim Sinkronisasi Ada Karena Masalah Jakarta Banyak
M Taufik Minta Ahok Setujui APBD-P Disusun Anies-Sandi M Taufik Minta Ahok Setujui APBD-P Disusun Anies-Sandi
Didukung Simpatisan Muhammadiyah Jakarta, Anies: Ini Amanah Didukung Simpatisan Muhammadiyah Jakarta, Anies: Ini Amanah

#Jakarta #Anies-Sandi #Anies Baswedan #Sandiaga Uno #Tim sinkronisasi #Siti Zuhro

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar