Curhat ke MUI, Warga Eks Pasar Ikan: Kami Kayak Binatang Diusir

Warga melakukan aktivitas di atas perahu miliknya pasca pengusuran pemukiman dan kios di kawasan Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta, (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Arah - Warga korban penggusuran Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara, menggelar dialog dan silaturahim dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Masjid Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara.

Dalam sesi dialog, warga menceritakan pengalaman yang mereka dapatkan selama penggusuran. 

"Saya sudah diintimidasi lewat air 3 bulan nggak dihidupin airnya. Sebelum dibongkar air sudah dihentikan. katanya kita diganti rusun," kata seorang warga Pasar Ikan, Catur di Halaman Masjid Luar Batang, Penjaringan, Jakarta, Selasa (10/5/2016).

Warga lainnya seperti Upi Yunita meminta pemerintah untuk menunda penggusuran saat itu dengan alasan anak-anak yang akan mengikuti ujian.

"Saya minta ditangguhkan bukan berarti minta ganti rugi. Mendekati anak-anak ujian sekolah, itu yang saya minta," kisah Upi Yunita.

Nasib lain dialami bu Icih. Dia mengatakan anaknya terinjak orang ketika penggusuran dilakukan.

"Anak kami keinjek orang, banyak kecebur kali. Ya Allah ya Rabbi, kami orang miskin teraniaya. Kami bukan orang liar. Kami punya KK (kartu keluarga) dan PBB (pajak bumi dan bangunan). kami kayak binatang diusirnya," keluh bu Icih.

Warga pun mengatakan siap meninggalkan rusun dengan berbagai alasan.

"Saya siap keluar dari rusun. Pulogebang cuman satu kamar. Kita sudah nggak bisa urus KTP lagi semenjak bongkaran," ujar Catur.

Rombongan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyambangi wilayah yang direvitalisasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, yakni Kawasan Wisata Bahari Sunda Kelapa, tepatnya di Kampung Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara, dalam rangka berdialog dengan warga. (Helmi Shemi)

Berita Terkait

Pemprov DKI Dinilai Pragmatis dalam Penggusuran Permukiman Pemprov DKI Dinilai Pragmatis dalam Penggusuran Permukiman
Penggusuran Pasar Ikan, Komnas HAM akan Surati Pemprov Penggusuran Pasar Ikan, Komnas HAM akan Surati Pemprov
Ahok: Kalau Belum Ada Rusun, Kami Enggak akan Gusur Ahok: Kalau Belum Ada Rusun, Kami Enggak akan Gusur

#Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) #Warga Pasar Ikan #Penggusuran Pasar Ikan #Majelis Ulama Indonesia (MUI) #Korban Penggusuran

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar