Microsoft Rilis Patch Keamanan untuk Tangkal Serangan Ransomware

Ilustrasi Microsoft (Foter.com/JeepersMedia)

Arah -  Akhir pekan ini dunia dihebohkan dengan serangan malware ransomware. Ada 100 negara yang diserang oleh malware 'tukang palak' ini.

Ya, ransomware meminta tebusan bitcoin sebesar 300 dolar AS atau setara Rp4 juta untuk mengembalikan file-file yang telah terkunci.

Ransomware menyerang komputer dengan sistem operasi Windows. Terutam Windows XP, Windows 8 dan Windows Server 2003.

Microsoft gerak cepat dengan merilis patch keamanan untuk semua sistem operasinya. Bahkan, untuk sistem operasi lama yang sebenarnya sudah tidak mendapatkan dukungan pembaruan lagi.

"Hari ini para insinyur kami telah menambah perlindungan pada perangkat lunak dari serangan ransomware jenis Win32.WannaCrypt," kata Microsoft, dilansir Mashable, Minggu (14/5).

Baca Juga: Ini Langkah Cegah Komputer Terinfeksi Malware Ransomware
Perlukah Membayar Virus 'Tukang Palak' Ransomware?

Lewat situs resminya Microsoft mengumumkan pembaruan dan panduan untuk menangkal serangan ransomware berjenis WannaCrypt tersebut. Perusahaan mengatakan sistem operasi lama yang rentan terserang WannaCrypt, seperti Windows XP, Windows 8 dan Windows Server 2003. Sedangkan Windows 10 dipastikan aman dari serangan WannaCrypt.

"Keputusan kami merilis pembaruan patch keamanan ini berdasarkan situasi darurat untuk melindungi konsumen. Bahkan kami merilis patch keamanan untuk Windows XP yang sebenarnya sudah disetop pembaruannya," tulis Microsoft.

"Kami menyarankan pengguna untuk meningkatkan kewaspadaan dengan tidak membuka dokumen yang tidak jelas dikenal sumbernya," lanjutnya.

Berikut daftar patch keamanan yang dirilis Microsoft untuk semua sistem operasinya untuk menangkal serangan ransomware. Klik tautan ini.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Ini Langkah Cegah Komputer Terinfeksi Malware Ransomware Ini Langkah Cegah Komputer Terinfeksi Malware Ransomware
RS Harkit dan RS Dharmais Kena Serangan malware Ransomware RS Harkit dan RS Dharmais Kena Serangan malware Ransomware
Perlukah Membayar Virus 'Tukang Palak' Ransomware? Perlukah Membayar Virus 'Tukang Palak' Ransomware?

#Jakarta #microsoft #Ransomware #Malware #Serangan Siber #Virus Komputer

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar