5 Tips Belanja Hemat untuk Ibu Rumah Tangga

Ibu Rumah Tangga yang sedang belanja (Foto: Shutterstock)

Arah -Ibu rumah tangga memiliki peran penting dalam sebuah rumah tangga. Tugasnya sangatlah kompleks, mulai dari mengurusi anak, suami, dapur, dan juga keuangan keluarga.

Nah untuk yang terakhir imi, terkadang ibu rumah tangga kurang maksimal dalam mengatur keuangan. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan dan pola hidup membuat ibu rumah tangga harus lebih extra membagi dan mencatat kebutuhan sesuai dengan jumlah uang yang ada.

Dikutip dari Halomoney, berikut beberapa tips untuk ibu rumah tangga agar dapat hemat dalam berbelanja :

1. Menyusun Anggaran Keuangan

Biasakan mencatat jumlah pendapatan dan pengeluaran yang dikeluarkan. Lebih bagus lagi jika semua rencana pendapatan dan pengeluaran telah dibagi sebelum menerima uang. Alokasikan anggaran sesuai peruntukan dan berusahalah disiplin menjalankannya. Dengan menyusun perencanaan anggaran ini, akan sangat membantu ibu rumah tangga dalam mengelola keuangan keluarga dengan optimal.

2. Membawa Daftar Belanja

Jadwalkan waktu untuk belanja kebutuhan keluarga secara terencana, dan yang terpenting adalah selalu membawa daftar belanjaan yang ingin dibeli. Misalnya, belanja bulanan setiap satu bulan sekali. Belanja kebutuhan bahan makanan yang segar sepekan sekali. Lalu, belanja kebutuhan sandang atau fashion cukup dua bulan sekali. Belanja yang terlalu sering dan impulsif hanya akan membuat boros.

Baca Juga: Ini Tips Sukses Berbisnis bagi Ibu Muda Ala Risty Tagor
Ini Dia Tips 'Taaruf' Ala Shindy Putri, Adik Oki Setiana Dewi
Ingin Jadi Penulis Novel yang Handal? Ini Tips dan Triknya..

3. Memanfaatkan Promo Mingguan

Kebanyakan supermarket atau hypermarket menggelar promo setiap hari jumat menjelang akhir pekan, yang ibu rumah tangga manfaatkan sebaik-baiknya. Barang yang biasa dipromosikan juga sebagian besar berupa barang kebutuhan rutin rumah tangga mulai dari minyak goreng, gula, sampai sabun dan shampoo.

4. Melakukan Survei Harga Sebelum Berbelanja

Jangan lupa untuk mensurvei harga barang yang ingin dibeli minimal di 3 toko berbeda. Manfaatkan internet untuk meriset harga barang yang hendak Anda beli untuk mendapatkan tawaran terbaik.

5. Mengoptimalkan Pemakaian Kartu Kredit

Jika memiliki kartu kredit, optimalkan penggunaannya untuk membantu menghemat belanja rumah tangga. Beberapa produk kartu kredit banyak memberikan promo menarik bagi mereka yang sering berbelanja kebutuhan keluarga secara rutin. Promo bisa berupa diskon harga, voucher sampai berupa poin rewards. 

Informasi gaya hidup terbaru, hanya di arah.com

Berita Terkait

DPR RI Singgung Pemberitaan Media Bersifat Partisan DPR RI Singgung Pemberitaan Media Bersifat Partisan
Yeay! Jakarta Great Sale Akan Hadir Lagi, Catat Tanggalnya Yeay! Jakarta Great Sale Akan Hadir Lagi, Catat Tanggalnya
Ini Kualifikasi KPUD DKI Tentukan Panelis dan Moderator Debat Ini Kualifikasi KPUD DKI Tentukan Panelis dan Moderator Debat

#Jakarta #ibu rumah tangga #Mengatur Keuangan #Daftar Belanja #Belanja Hemat #Tips Belanja #Survei Harga #Pengeluaran #Penghasilan #Anggaran Keuangan

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar