Kondisi Kesehatan Orangutan Albino Semakin Membaik

Orangutan Albino berada di BOS Foundation, Nyaru Menteng, Kalimantan Tengah, Selasa (2/5). Kondisi orangutan albino semakin baik sejak ia ditemukan pada Sabtu (29/4) di Tanggiran, Kalimantan Tengah. ANTARA FOTO/BOS FOUNDATION-Indrayana/aww/17.

Arah -  Pihak Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) menyatakan bahwa kondisi kesehatan orangutan albino yang tengah dalam perawatan dan pengawasan khusus semakin membaik.

"Dalam 10 hari terakhir berat badan orangutan albino tersebut naik menjadi 12,7 kilo gram dari berat awal sekitar 8,3 kilo gram," kata Humas BOSF Nyarumenteng, Monterado Friedman di Palangka Raya, Minggu (14/5).

Dilansir Antara, pria yang akrab disapa Agung itu menambahkan, dari hasil pemeriksaan dari tim kesehatan BOSF, primata yang mengalami kelainan genetik itu juga dinyatakan bebas dari pengakit hepatitis A, B dan C.

Baca Juga: Waspada! Ada Bumbu Dapur Palsu
Soal Chat Mesum Rizieq-Firza, Polda Metro Panggil...

Di sisi lain, terkait pelaksanaan sayembara pemberian nama terhadap orangutan albino betina berusia lima tahun itu telah menampung lebih dari 2.852 usulan.

"Hingga siang tadi, sudah terkumpul 2.852 nama yang diusulkan jumlah ini diprediksikan juga akan terus bertambah. Besok kami umumkan resmi siapa namanya," kata Agung.

Dia menerangkan, warga atau masyarakat yang berpartisipasi memberikan nama terhadap orangutan berbulu dan berkulit putih serta bermata biru tersebut tak hanya diikuti masyarakat lokal, tetapi juga masyarakat luar negeri.

Orangutan albino yang diselamatkan dari warga Desa Tenggirang, Kecamatan Kapuas Hulu, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah ini terus mendapatkan pengawasan dan perawatan intensif.

Perawatan khusus tersebut salah satunya penempatan orangutan albino di tempat yang cahayanya tidak terlalu terang karena orangutan albino, kulit dan matanya lebih sensitif dan peka terhadap cahaya.

Pihaknya juga akan melakukan observasi menyeluruh untuk melibat kemungkinan segera dilepasliarkan dengan kehati-hatian yang salah satu kriterianya hutan yang masih lebat.

Video trending pilihan redaksi

Berita Terkait

Jelang Ujian Nasional, Siswa Diminta Giat Belajar Jelang Ujian Nasional, Siswa Diminta Giat Belajar
Warga Palangkaraya Rasakan Kabut Asap, Kesehatan Bayi Terancam Warga Palangkaraya Rasakan Kabut Asap, Kesehatan Bayi Terancam
Waduh, Kota Palangkaraya Kembali Berasap Waduh, Kota Palangkaraya Kembali Berasap

#Jakarta #albino #Palangkaraya #Kalimantan Tengah

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar