Jelang Ramadhan, DPR Minta Pengawasan Makanan Diperketat

Ilustrasi: Warga memilih aneka makanan untuk berbuka puasa di Pasar Takjil Benhil, Jakarta, Selasa (7/6). Meski telah dilakukan relokasi terhadap kawasan tersebut, Pasar Takjil Benhil tetap dipadati warga yang membeli makanan untuk berkuka puasa. (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Arah - Anggota Komisi IX DPR Ahmad Zainuddin mengingatkan Badan Pengawas Obat dan Makanan untuk benar-benar meningkatkan peran pengawasannya menjelang dan selama bulan suci Ramadhan.

"Mengingat meningkatnya produksi makanan dan jajanan di bulan Ramadhan, BPOM juga harus meningkatkan pengawasan makanan dan minuman yang aman dan sehat," kata Ahmad Zainuddin dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin.

Menurut dia, selama Ramadhan biasanya restoran kerap menggelar berbagai bentuk promosi dalam rangka untuk menarik para konsumen.

Selain itu, ujar dia, banyak pula warga yang berinisiatif menjual jajanan ringan meski sebatas untuk berbuka puasa ataupun untuk santapan sahur.

"Padahal di bulan-bulan lain mereka tidak pernah berjualan. Bazar-bazar jajanan dan makanan jadi marak dan menjamur. Ini harus menjadi perhatian BPOM," tuturnya.

Ahmad Zainuddin juga mengingatkan warga agar selektif dalam mengonsumsi makanan selama Ramadhan agar kondisi jasmani dan rohaninya juga tetap terjaga sehat.

Sebelumnya, pemerintah juga dinilai perlu meningkatkan target penanganan pangan menjelang datangnya bulan puasa hingga Lebaran karena masih banyak yang perlu dibenahi.

"Bukan hanya stabilisasi stok pangan, namun juga perlu adanya kestabilan harga di mana selama ini baik harga-harga terutama pangan selalu mengalami lonjakan," kata Anggota Komisi IV DPR Andi Akmal Pasluddin.

Baca Juga: Awas! Makanan di Kota Ini Masih Minim Logo Halal
Ingin Cepat Hamil, Kamu Bisa Coba Makanan ini
Selain Bergizi, Tempe Juga Berkhasiat Cegah Kanker Payudara

Menurut Andi Akmal, target pemerintah dinilai baru pada tataran memberikan kecukupan akan ketersediaan pangan pada momen strategis tiap tahun pada bulan puasa.

Akmal mengatakan Komisi IV DPR senantiasa mengingatkan kepada pemerintah untuk berupaya keras pada stabilisasi harga pangan, baik di pusat hingga ke daerah.

"Banyak daerah besar seperti DKI Jakarta, Bandung, Surabaya, Makasar dan kota besar lainnya menyatakan kesiapan menghadapi stabilisasi stok pangan. Bahkan pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan menyatakan kesiapannya," tuturnya. seperti dikutip dari antara

Namun, ujar dia, tidak ada satupun pernyataan pemerintah baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat yang menyatakan siap menjamin harga yang sama ketika puasa dan Lebaran seperti pada bulan-bulan lain.

Video Trending Pilihan Redaksi

Berita Terkait

Tiga Menteri Koordinasikan Pangan Jelang Ramadan Tiga Menteri Koordinasikan Pangan Jelang Ramadan
DPR RI Singgung Pemberitaan Media Bersifat Partisan DPR RI Singgung Pemberitaan Media Bersifat Partisan
Penambahan Anggota DPR Diyakini Tak Akan Bebani Negara Penambahan Anggota DPR Diyakini Tak Akan Bebani Negara

#Jakarta #makanan #Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) #Bulan Ramadan #Bulan Puasa #pengawasan #DPR RI

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar