Ketika Dangdut Menggoyang Kota London

Ilustrasi musik dangdut (shutterstock)

Arah -  Siapa yang tak kenal musik dangdut. Alunan suling dan gendangnya, mampu menyapa penikmat musik tanah air dari semua lapisan masyarakat.

Sebut saja penyanyi dangdut lawas dari mulai Rita Sugiarto hingga yang kekinian seperti Janeta Janeet, menjadi penyanyi dangdut yang cukup terkenal di Indonesia.

Nah, tapi bagaimana jadinya jika musik dangdut yang khas dengan cengkoknya ini, mengalun merdu menyambut masyarakat London?

Nyatanya, Indonesian Diaspora Inggris dan Republik Irlandia menyemarakkan acara "Family Fun Day" yang berisikan musik dangdut.

Seperti yang dikutip Antara, lagu-lagu dangdut ini dibawakan oleh kelompok Bandana diaspora Indonesia, yang terdiri dari pekerja domestik di London pimpinan Wahyu Dinamika.

Kegiatan para diaspora yang tergabung dalam IDN-Inggris dan RoI di Quintin Hogg Memorial Ground, Hartington Road, London, membawakan beberapa lagu dangdut yang berjudul Secawan Madu, Terlena, dan Tamu Malam Minggu. Daryati, selaku penyanyinya sukses membuat pengunjung ikut berjoget.

Baca Juga: Ada Korban Baru Serangan Ransomware? Kominfo: Masih Dihitung
Unik, 'Kontes Ayam Ketawa' di Kota Ini Berkokok Dangdut dan Disko

Pesta diaspora itu dihadiri Dubes RI untuk London, Dr Rizal Sukma dan Hana A Satriyo. Bertema Experience Indonesia, acara ini juga dimeriahkan tari topeng Kelana, yang dibawakan Wsnu Aji Styo Wicaksono, dan penampilan anak-anak diaspora yang menceritakan Si Kancil.

Dalam sambutannya, dubes Dr Rizal Sukma menyampaikan penghargaan kepada Diaspora yang mengadakan ada acara Family Fun Day, dan mengakui promosi Indonesia di Inggris tidak dapat dilakukan hanya oleh KBRI London. Untuk itu, Dubes Rizal Sukma sangat menyambut baik setiap kegiatan yang diadakan oleh masyarakat Indonesia di Inggris.

Sementara itu, Ketua Diaspora Indonesian Inggris dan Republik Irlandia (IDN - Inggris dan RoI) yang disebut Peri-UK, Ayleen Wisudha, mengatakan acara Family Fun Day bertujuan untuk memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat Inggris.

Dikatakannya, pengurus Diaspora berupaya membantu memberikan pelayanan kepada masyarakat Indonesia, untuk dapat masuk dalam komunitas Inggris.

Acara Family Fun Day juga diisi penampilan grup musik dari Bona Pasogit, dengan demo masak oleh chef Budiono, dan workshop tari Yapong yang disampaikan Alexander Vie. Kesenian Indonesia lainnya seperti penampilan Gamelan Siswa Sukra serta penampilan musik Jazz oleh Nilam &Annisia juga turut ditampilkan.

Acara ini juga diisi dengan pelatihan karate dibawah bimbingan Berry Natalegawa dan aktor Indonesia yang bermain di Dr Strange, Raden Topo Wresniwiro, Hollywood Star Block-Buster Marvel Movie Dr Strange, Star Wars, 47 Ronin yang ingin bisa main di Indonesia.

Family Fun Day juga disemarakan dengan bazar makanan dengan sate ayam Windsor, nasi Padang Teh Ina dan bakso bola bola, Soto mir nya Enggi Kitchen serta Toko Gordon yang menjual bahan makanan seperti Mie, kecap, berbagai macam bumbu serta sirup menyambut Ramadhan.

Video trending pilihan redaksi

Berita Terkait

Benarkah Pertemuan dengan Rizieq Dongkrak Elektabilitas Anies? Benarkah Pertemuan dengan Rizieq Dongkrak Elektabilitas Anies?
Ada Misteri di Lift Blok M Square, Polisi Selidiki Ada Misteri di Lift Blok M Square, Polisi Selidiki
Usut Suap Reklamasi, KPK akan Panggil Plt Gubernur DKI Jakarta Usut Suap Reklamasi, KPK akan Panggil Plt Gubernur DKI Jakarta

#Jakarta #Dangdut Go Internasional #London #Diaspora Indonesia

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar