Seminggu Bekerja, Ini Langkah Tim Sinkronisasi Terkait Reklamasi

Foto dari udara menunjukkan salah satu pulau hasil reklamasi di Teluk Jakarta, DKI Jakarta, Sabtu (23/7). (Dok: Antara/Aditya Pradana Putra)

Arah - Tim sinkronisasi yang dibentuk pasangan gubernur terpilih Anies Baswedan dan Sandiaga Uno mulai menyiapkan sejumlah langkah taktis. Salah satunya adalah persoalan reklamasi yang tengah digarap Pemprov DKI Jakarta.

Anggota tim sinkronisasi, Marco Kusumawijaya menyatakan pihaknya tengah menyiapkan langkah admisitrasi yang akan dilakukan terkait megaproyek di Teluk Utara Jakarta tersebut.

"Tentu artinya kan harus langkah-langkah legal, langkah-langkah administrasi," ujar Maco kepada arah.com saat dihubungi, Rabu (17/5/2017) malam.

Marco juga menyatakan, pihaknya belum menentukan langkah konkret dalam upaya menghentikan reklamasi. Marco mengatakan bahwa saat ini pihaknya masih dalam tahap-tahap dasar hukum yang ada terkait pulau reklamasi.

Baca Juga: Firza Husein Pertimbangkan Hadirkan Saksi Ahli IT
Alasan Kesehatan, Firza Husein Akhirnya Dipulangkan

"Belum menemukan banyak, baru mulai mengumpulkan dasar-dasar hukum yang ada dan seterusnya, belum ada kesimpulan yang konkrit bagaimana langkah ke satu langkah kedua langkah ke tiga itu belum, belum sampai spesifik," ujarnya.

Namun menurut Marco, pihaknnya saat ini sudah melakukan kajian terkait pemanfaatan terhadap pulau-pulau reklamasi yang sudah terlanjur terbentuk.

"Kita juga mengkaji pulau yang sudah terjadi itu kan tidak bisa dihapus. Dan kalau mau dibongkar lagi malah menimbulkan bencana lingkungan," tuturnya

"Jadi kita masih mengkaji langkah-langkahnya dan mengkaji pemanfaatan pulau yang sudah terlanjur terjadi," tambahnya.

Marco juga menegaskan, pihaknya mendukung penuh dan tetap akan melakukan pembatalan proyek reklamasi yang dianggap dapat mengganggu ekosistem laut atau bahkan kehidupan nelayan dipesisir Teluk Jakarta.

"Jadi kita bukan mengkaji batal dan tidak batal, itu sudah jelas batal," tandas Marco. (Dini Afrianti)

Berita Terkait

Anies Berencana Bangun Pelabuhan di Pulau Reklamasi Anies Berencana Bangun Pelabuhan di Pulau Reklamasi
Resmi! Ini Susunan Tim Sinkronisasi Anies-Sandi Resmi! Ini Susunan Tim Sinkronisasi Anies-Sandi
Soal Sudirman Said, Sandiaga: Kebijakannya Tidak Berpihak! Soal Sudirman Said, Sandiaga: Kebijakannya Tidak Berpihak!

#Jakarta #Tim sinkronisasi #Anies-Sandi #reklamasi #Reklamasi Teluk Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar