PRSI Harap Nomor Renang 50 Meter Tetap Dipertandingkan

Ilustrasi Atlet Renang Indonesia. (Sumber: PB PRSI)

Arah -  Cabang olahraga renang Indonesia semakin menunjukkan prestasi yang gemilang. Di ajang Islamic Solidarity Games 2018 di Baku, Azerbaijan, cabang olahraga renang mampu menyumbangkan 33 medali: 3 emas, 17 perak dan 13 perunggu serta tercipta 6 rekor nasional baru.

Siman Sudartawa yang berhasil menyumbang medali emas di nomor 50 meter dan 100 meter gaya punggung. Emas lainnya disumbangkan Gagarin Nathaniel Yus di nomor 200 meter gaya dada putra.

Harlin Rahardjo, Wakil Ketua Umum PB PRSI, menjelaskan, para perenang mengalami kemajuan pesat sejak di pelatnas. Kini sasaran utama adalah SEA Games 2017 dan Asian Games 2018.

Baca Juga: Waw! Indahnya Negeri Dongeng Cappadocia
Lakukan Penyamaran, Lihat Apa yang Terjadi pada Ronaldo

Harlin berharap panitia Asian Games 2018 tetap mempertandingkan nomor-nomor sprint atau jarak pendek 50 meter. Salah satu rekor di Indonesia dipegang Siman Sudartawa yang mencatat 50 meter gaya punggung putra dengan waktu 25,12 detik.

Catatan ini bahkan lebih baik dibandingkan peraih medali perunggu Asian Games Incheon lalu, Xu Jiayu dari Cina dengan waktu 25,24 detik.

"Ada kemungkinan besar, Siman mampu menajamkan waktu menjadi 24 detik saat di Asian Games Jakarta. Dan ini merupakan peluang medali untuk Indonesia," jelas Harlin.

Di nomor 50 meter gaya dada putra, perenang pelatnas Indra Gunawan juga telah mampu mencatat waktu 28,03 detik saat Kejurnas di Palembang, April lalu. Catatan ini lebih baik dari peraih medali perunggu di Asian Games Incheon lalu Sanjeep Sejwal dari India dengan waktu 28,26 detik.
Indra bertekad segera memecahkan rekornasnya 27,82 detik, yang hanya berselisih sedikit yakni 0,04 detik dengan pemegang emas Asian Games Incheon, Dmitriy Balandin (Kazakhstan) dengan catatan 27,78 detik.

Selain itu masih ada nomor 50 meter gaya kupu-kupu melalui perenang Triady Fauzi Sidiq dan Glenn Sutanto

PB PRSI. Kata Harlin, cabang renang terakhir kali menyumbang medali di tahun 1990.

"Kami berharap kebuntuan itu bisa ditembus di Asian Games Jakarta 2018 dengan nomor andalan 50 meter gaya punggung dan 50 meter gaya dada. Apalagi Siman dan Indra sudah mempersiapkan diri sejak tahun lalu dan menunjukkan grafik menanjak," puji Harlin.

Video trending pilihan redaksi

Berita Terkait

Di Ajang SNAG, Fadlan Kembali Pecahkan Rekor Atas Nama Sendiri Di Ajang SNAG, Fadlan Kembali Pecahkan Rekor Atas Nama Sendiri
Berkunjung ke Kemenpora, PB PRSI Kenalkan Program 'Yuk Renang' Berkunjung ke Kemenpora, PB PRSI Kenalkan Program 'Yuk Renang'
Jelang SEA Games, PB PRSI Gelar Uji Coba Polo Air di Australia Jelang SEA Games, PB PRSI Gelar Uji Coba Polo Air di Australia

#Jakarta #Atlet Renang #Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) #SEA Games 2017 #Asian Games 2018

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar