Antisipasi Lonjakan Trafik Lebaran, Telkomsel Uji Jaringan

Teknologi 4G Telkomsel (Telkomsel Area Jabotabek Jabar)

Arah -  Operator seluler Telkomsel menggelar uji jaringan di sejumlah jalur mudik untuk mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi saat Ramadhan dan Lebaran 1438 H.

"Selama Ramadhan hingga Lebaran trafik komunikasi masyarakat meningkat tajam, terutama layanan data (internet). Uji jaringan untuk memastikan peningkatan kapasitas layanan Telkomsel terutama di 99 jalur mudik di Indonesia," kata  Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah, di sela Media Gathering, Network Drive Test Telkomsel 2017, di Malang, Jawa Timur, Kamis (17/5/2017).

Baca Juga: Geger! Gempa Besar Disebut Bakal Runtuhkan Bumi 31 Mei Mendatang
Disinggung PKL Tanah Abang, Anies: Itu Bukan Tugas Saya

Dikutip Antara, uji jaringan Telkomsel pada rute Bandara Juanda, Surabaya-Malang sepanjang 127 kilometer, menggunakan bus yang diikuti sekitar 80 media nasional.

Jalur Network Drive Test Telkomsel 2017 di sepanjang 11.000 kilometer, meliputi rute Surabaya-Malang, jalur kereta api Jawa lintas Utara dan Selatan, Jalur Lintas Jawa (main road), Pelabuhan Merak, Banten hingga Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi yang melalui Jalur Utara, Jalur Selatan dan Jalur Tol, Jalur Lintas Sumatera (main road) dari Bakauheni-Banda Aceh (lintas barat, lintas tengah dan lintas timur).

Tujuh kota yang menjadi fokus penguatan jaringan yaitu Medan, Padang, Lampung, Bandung, Semarang, Surabaya dan Makasar dengan kota keberangkatan untuk uji jaringan yaitu Jakarta, Balikpapan dan Batam.

Sementara itu, Direktur Network Telkomsel, Bob Apriawan mengatakan parameter uji jaringan meliputi, kekuatan daya pancar dan daya terima handset (coverage), tingkat kesuksesan akses jaringan (CSSR), tingkat kontinuitas panggilan (CCSR/drop call), lamanya waktu pembangunan panggilan (call setup time), kualitas suara (MOS) dan speed (data throughput).

Ia menjelaskan, saat Lebaran lonjakan trafik komunikasi data di daerah jalur mudik dan tujuan wisata berkisar 21,2 persen dengan pemakaian kapasitas data menembus 5.809 Tera Byte dibanding saat hari normal sebesar 4.794 Tera Byte.

Sementara layanan suara diprediksi mengalami penurunan berkisar 3-6 persen mencapai 1,37 milliar menit, dan SMS turun berkisar 1-3 persen mencapai 720 juta SMS.

Saat ini kebutuhan pelanggan terhadap internet sangat tinggi. Aktivitas di platform digital sudah menjadi keseharian masyarakat diantaranya browsing untuk mencari informasi, social media, dan streaming berbagai konten video.

Untuk itu di sepanjang jalur utama mudik di Pulau Jawa dan Sumatera telah disediakan kelonggaran kapasitas sebesar 35-60 persen, di Jawa Barat 38 persen, Jawa Tengah 48 persen, dan Jawa Timur 57 persen dan Sumatera Selatan 58 persen.

Telkomsel juga telah mengidentifikasi sebanyak 838 hotspot atau POI (Point of Interest) titik keramaian dan kepadatan trafik, meliputi bandar udara terminal bus, stasiun kereta, dermaga, rumah sakit, area padat populasi, pasar tradisional, dan mal, dimana diprediksi akan mengalami lonjakan komunikasi yang cukup tinggi saat Ramadhan dan Lebaran.

"Secara khusus diidentifikasi titik-titik padat dan keramaian, seperti objek wisata, bandara, bahkan titik exit tol," jelas Bob. (Antara)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Telkomsel Dukung Pembangunan Desa Digital Telkomsel Dukung Pembangunan Desa Digital
4G Telkomsel Selimuti 154 Ibu Kota Kabupaten Area Sumatera 4G Telkomsel Selimuti 154 Ibu Kota Kabupaten Area Sumatera
T-Cash akan Jadi Anak Perusahaan Telkomsel T-Cash akan Jadi Anak Perusahaan Telkomsel

#Jakarta #Telkomsel #Blackberry Classic dan Kartu Simpati Telkomsel 4G #Jaringan 4G LTE #Lebaran 2017 #Berita terkini

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar