Mentan Pastikan Harga Bawang Putih Paling Mahal Rp30.000

Menteri Pertanian Amran Sulaiman, melakukan operasi pasar bawang putih di pasar induk Osowilangun Surabaya, Jumat (19/5/2017). (Foto/Arah.com/Mukied)

Arah -  Menteri Pertanian Amran Sulaiman bersama Wakil Gubernur  Jawa timur, Saifullah Yususf, dan juga Kapolda jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin, melakukan operasi pasar bawang putih di pasar induk Osowilangun Surabaya, Jum’at (19/5/2017).

Dari operasi pasar ini, didapati harga bawang putih turun darastis, dari yang sebelumnya harga di pasaran mancapai Rp45.000 perkilo, kini Amran memastikan harga tertinggi di konsuen maksimal Rp30.000 perkilo.

"Turun harga dari Rp45.000 menjadi Rp23.000, jadi 44 persen turun hanya butuh waktu lima jam, kami langsung bergerak, tadi sudah ada harga Rp10.000, Rp15.000 dan Rp23.000 dan kalau harga ini kita edarkan ke masyrakat maksimal harga Rp30.000 atau nanti di masyarakat Rp20.000 samapi Rp30.000 ini masyarakat Indonesia menikmati bulan suci ramadahan tidak seperti tahun sebelumnya," kata Amran di Pasar Induk Osowilangon, Surabaya, Jumat (19/5/2017).

Baca Juga: Pastikan Sudah Ketahui Lokasi Rizieq, Ini Sikap Tegas Polisi...
Singgung Perceraian, Ridwan Kamil Curhat Bosen Nikah
Sita Handphone Firza-Rizieq, Polisi Temukan Percakapan Soal...

Selain itu, Amran menegaskan harga bwang putih tidak boleh lagi naik dari harga yang sudah ditentukan, jika ada yang berani menjual diatas harga yang sudah ditentukan, Amran mengancam akan mencabut izin perusahan importir yang melakukan tersebut.

"Mulai hari ini tidak ada lagi harga diataas 23.000 ya, kalau ada pak apolda izin dicabut," tegasnya.

Sementara untuk stok bawang putih sendiri di Indonesia, menurut Amran sudah aman, bahkan stoknya tidak terbatas.

"Lebih melimaph, ini yang masuk 9.000 ton, ini untuk seluruh Indonesia," imbuhnya.

Selain komuditas bawang putih, semua sembako lainnya dipastikan aman, termasuk harga cabai, beras dan ayam. Amran mamastikan semua harga sembako akan stabil hingga selesai hari raya Idul fitri. Hal ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya.

"Kesimpulannya adalah semua harga posisi stabil, cabe, bawang, beras dan ayam, telur dan seterusnya itu yang kita syukuri, sinergi ini yang menghasilkan sesuatu yang luar biasa yang dulunya dua bulan sebelum ramadah itu harga sudah bergejolak, sekarang tinggal satu minggu harga stabil dan insyaallah kita sepakat harga stabil samapi selesai idul fitri," pungkasnya. (Muhamad Mukied)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Rekonstruksi Perampokan Pulomas, Polisi Gelar 75 Adegan Rekonstruksi Perampokan Pulomas, Polisi Gelar 75 Adegan
Hakim MK Adakan Pertemuan, Bahas OTT Patrialis? Hakim MK Adakan Pertemuan, Bahas OTT Patrialis?
Perang Berlanjut, Sukmawati Ogah Tanggapi Ajakan Mediasi Rizieq Perang Berlanjut, Sukmawati Ogah Tanggapi Ajakan Mediasi Rizieq

#Jakarta #harga bawang merah #Kementan #Berita terkini

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar