Bukan Wannacry, Android dan iOS Juga Berpotensi Terkena..

Sistem Operasi Android O (The Independent)

Arah -  Serangan siber ransomware wannacry akhir-akhir menjadi momok bagi dunia teknologi dan informasi. Wannacry disebut telah memakan korban sebanyak 200.000 komputer di 150 negara.

Saat ini ransomware tersebut dipercaya belum mampu menyerang sistem android dan iOS yang umumnya terpasang di ponsel.

Pre-Sales Specialist anti-virus Kaspersky, Jemmy Handinata mengatakan wannacry saat ini hanya menyerang sistem operasi Windows saja.

"Secara teknikal, wannacry itu memanfaatkan celah sistem operasi windows," kata Jemmy di Kawasan Niaga Sudirman, Jakarta, pada Jum'at (19/5/2017).

Baca Juga: Sita Handphone Firza-Rizieq, Polisi Temukan Percakapan Soal...
Viral Video Ridwan Kamil, Jaksa Agung: Mungkin Cari Aman
Rakernas di Bali Tertutup, Ada Apa dengan PDIP?
Tampil dengan Kaki Baru, Video Anak Ini Bikin Nangis

Akan tetapi, kata Jemmy, pengguna android dan iOS juga harus waspada. Pasalnya, banyak ransomware dan malware jenis lainnya yang mungkin bisa menyerang perangkat dengan kelengkapan android dan iOS.

"Banyak ransomware lainnya sebetulnya aktif. Sebetulnya android dan iOS juga punya celah keamanan. Cuma mungkin saat ini yang diincar pemakai windows dulu," jelas Jemmy.

Jemmy menjelaskan, berdasarkan data yang Ia dapatkan, Indonesia sempat menjadi korban ransomware wannacry terbanyak kedua setelah Rusia.

"Untuk wannacry data yang kita dapat data dua hari yang lalu. Indonesia sempat nomor dua terkena dampak ini," jelas Jemmy.

Ada pun jenis Ransomware yang saat ini sedang mewabah adalah WannaCrypt0r 2.0 ransomware, yang memanfaatkan kelemahan security pada Sistem Operasi Windows yang telah ditambal oleh Microsoft melalui Security Update Patch pada Maret lalu.

Namun masih banyaknya sistem komputer yang tidak melakukan pembaruan tersebut menyebabkan ransomware ini cepat menyebar ke seluruh dunia dalam waktu singkat. (Harry Muthahhari)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Soal Dana Kampanye, Timses Paslon Pilgub DKI Saling Sindir Soal Dana Kampanye, Timses Paslon Pilgub DKI Saling Sindir
Dituding Keliru Oleh Sylviana Murni, Ini Balasan Polri Dituding Keliru Oleh Sylviana Murni, Ini Balasan Polri
Ini Kualifikasi KPUD DKI Tentukan Panelis dan Moderator Debat Ini Kualifikasi KPUD DKI Tentukan Panelis dan Moderator Debat

#Jakarta #Ransomware Wannacry #Android O #Windows Vista

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar