Ini Upaya Muhammadiyah Rangkul Mantan Anggota HTI

Pengurus beraktivitas di kantor DPP Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), di Menteng Dalam, Tebet, Jakarta, Senin (8/5). Pemerintah membubarkan organisasi kemasyarakatan berbasis agama Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dalam rangka merawat dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Arah - Rencana pembubaran Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) disepakati oleh Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah sebagai organisasi masyarakat Islam terbesar di Indonesia. Sekertaris Jenderal Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Abdul Mu'ti mengatakan pihaknya akan mengupayakan proses pendekatan melalui struktural politik tapi juga bersifat kultural intelektual kepada mantan anggota HTI.

"Harus dilakukan dengan pendekatan yang tidak hanya bersifat struktutal politik tapi juga pendekatan yang bersifat kultural intelektual," katanya di Kantor PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Jumat (19/5).

Baca Juga: Sakit TBC Kelenjar, Fitri Tropica Tunda Punya Anak
Bergaya Unik, Claudia Adinda Rela Beli Barang Jadul Harga Mahal

Mu'ti menerangkan, pasca reformasi banyak masyarakat yang sangat anti dengan orde baru dan tidak sedikit yang menganggap bahwa Pancasila diartikan sebagai hasil orde baru. Dan, lanjut dia, sekarang baru menyadari bahwa Pancasila bukan hasil orde baru tapi warisan dari para pendiri bangsa.

Selain itu, menurut Mu'ti dasar negara Indonesia yang berdasarkan pada Pancasila dan UUD 1945 harus dirawat dan menjadi ideologi istimewa, karena hanya Indonesia yang memiliki dasar negara seperti itu.

"Harus kita rawat dan kita jaga bersama sebagai ideologi untuk bisa membawa indonesia yang bhinneka ini menjadi bangsa yang maju," pungkas Mu'ti (Muhamad Ridwan)

Video trending pilihan redaksi:

Berita Terkait

Muhammadiyah: Pembubaran HTI Seperti Rezim Orde Baru Muhammadiyah: Pembubaran HTI Seperti Rezim Orde Baru
NU dan Muhammadiyah Sepakat Dukung Pemerintah Bubarkan HTI NU dan Muhammadiyah Sepakat Dukung Pemerintah Bubarkan HTI
Dua Ormas Islam Ini Sepakat Pembubaran HTI Dua Ormas Islam Ini Sepakat Pembubaran HTI

#Jakarta #Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) #Muhammadiyah

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar